Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

7 Contoh Kecerdasan Emosi yang Negatif untuk Dihindari

Sering merasa stress berkepanjangan dan mengganggu aktivitas harian Anda? Bisa jadi ini adalah contoh kecerdasan emosi yang negatif. Kecerdasan emosi adalah kemampuan kita dalam mengenali dan mengelola emosi diri sendiri. Salah satunya adalah kesedihan yang bila dipendam terlalu lama akan menjadi stress.

Jika Anda tidak bisa menyalurkan stress dalam bentuk yang tepat, maka akan membahayakan diri sendiri. Oleh sebab itu, penting untuk belajar bagaimana mengelola stress dengan benar. Selain stress, apa lagi contoh dari kecerdasan emosi yang rendh? Cek berikut ini.

Contoh Kecerdasan Emosi yang Negatif yang Harus Anda Tahu

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa kecerdasan emosi adalah tentang kemampuan diri mengatur dan mengelola emosi. Rupanya, emosi yang dikelola bukan hanya emosi pribadi. Orang yang kecerdasan emosionalnya tinggi juga bisa mengelola emosi orang lain.

Berikut ini adalah beberapa contoh kecerdasan emosi negatif yang umumnya nampak pada perilaku individunya. Diantaranya adalah :

  1. Merasa Sulit Dimengerti

Orang dengan kecerdasan emosi rendah sering merasa frustrasi karena tidak bisa mengutarakan perasaannya. Mereka memiliki kosakata kesedihan yang terbatas sehingga tidak tahu harus berkata apa.

  1. Tidak Merasa Empati

Pernahkah Anda melihat seseorang yang tidak menangis saat keluarganya meninggal? Mungkin ini salah satu contoh kecerdasan emosi yang negatif. Ketidakmampuan diri dalam merasakan perasaan orang lain disebut ketidakmampuan untuk berempati.

  1. Sulit Menjalin Hubungan dengan Orang Lain

Mengapa banyak pertanyaan dalam kuesioner kesehatan mental yang bertanya mengenai hubungan dengan orang baru? Ternyata hal ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi kecerdasan emosional Anda.

Orang yang rendah kecerdasan emosionalnya akan sulit menjalin hubungan dengan orang lain terutama orang yang baru dikenalnya. Mereka tidak memiliki emosi dan rasa penasaran terhadap orang lain.

  1. Mudah Marah Berkepanjangan

Ada beberapa versi yang menunjukkan gejala berbeda-beda. Ada orang yang rendah kecerdasan emosinya bersikap mudah marah berkepanjangan. Sekali merasa marah, akan sangat sulit dihilangkan.

Ada pula yang terlalu cuek dan tidak peduli. Mereka acuh terhadap kejadian di sekitar dan tidak merasakan emosi apapun juga. Ini juga merupakan tanda dari orang yang memiliki kecerdasan emosi rendah.

  1. Sering Menyalahkan Orang Lain

Salah satu perilaku yang paling tidak disukai dari orang dengan kecerdasan emosi rendah adalah sikapnya yang selalu menyalahkan orang lain. Mereka enggan bertanggungjawab dan tidak ingin berbagi beban dengan rekan atau sesamanya.

  1. Memendam Perasaan

Bagi Anda yang sulit mengutarakan perasaan atau pendapat, bisa jadi Anda adalah orang dengan kecerdasan emosi rendah. Memendam perasaan bisa menjadi hal yang membahayakan kesehatan. Belajarlah untuk menemukan kosakata yang tepat untuk perasaan yang Anda alami.

  1. Sering Berasumsi

Salah satu tanda kecerdasan emosi yang rendah adalah sering membuat asumsi atau opini sendiri. Mereka memutuskan sebuah asumsi dan tidak mau bertanya atau mengonfirmasi kebenarannya.

Pada akhirnya, jika terjadi kesalahan atau perbedaan pendapat, individu ini akan lepas tangan dan tidak ingin ikut campur. Ini adalah sebuah penyakit yang harus disembuhkan. Jika tidak, maka bisa membahayakan dirinya sendiri dan orang lain.

Jika Anda memiliki salah satu dari 7 tanda diatas, maka harus segera ambil tindakan. Anda harus segera memperbaiki dan meningkatkan kecerdasan emosional supaya tetap bisa berada dan diterima di lingkungan sosial.

Mari bergabung bersama kami di Kampoong Hening. Ubah diri Anda menjadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat dengan pelatihan kecerdasan emosional yang kami sediakan. Buang semua contoh kecerdasan emosi yang negatif dalam diri Anda dan jadilah manusia baru.

 

Scroll to Top