Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

Apa Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Karyawan? Cari Tahu Disini!

Sebagai pemilik perusahaan, pernahkah Anda mencari tahu tentang pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan? Apakah ada hubungannya antara kecerdasan emosional dengan prestasi dan kesuksesan karyawan?

Berdasarkan banyak penelitian, individu yang memiliki kecerdasan emosional tinggi memiliki peluang lebih besar untuk menjadi sukses dibandingkan yang tidak. Mereka lebih mampu mengendalikan diri dan fokus terhadap tujuan bekerja. Ini adalah salah satu tanda kecerdasan emosional yang tinggi.

4 Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Karyawan

Pada dasarnya, kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang dalam menganalisa, mengidentifikasi dan mengelola emosi dan perasaannya. Mereka juga bisa membaca emosi dan perasaan orang lain dengan baik serta mampu menanganinya dengan tepat.

Dalam hubungannya dengan kinerja, karyawan dengan kecerdasan emosional yang tinggi sudah tentu menjadi karyawan yang baik produktivitasnya. Mereka adalah calon karyawan terbaik yang akan membawa perusahaan ke jalan kesuksesan.

Berikut ini adalah pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan yang perlu diketahui, diantaranya adalah :

  1. Menjadi Pengontrol Diri

Kinerja karyawan adalah tolak ukur produktivitas seorang karyawan sesuai dengan tanggungjawab pekerjaannya. Semakin tinggi kecerdasan emosional seorang individu, semakin tinggi pula etos kerjanya.

Karyawan yang seperti ini memiliki kemampuan untuk menganalisa kelebihan dan kekurangan diri. Mereka akan bekerja dengan baik dan mengontrol dirinya untuk selalu fokus terhadap pekerjaan.

  1. Menjadi Penguat dan Penyemangat

Saat semangat kerja mulai menurun karena satu dan lain hal, kecerdasan emosional akan membantunya untuk membangun semangat yang luntur. Seseorang dengan kecerdasan emosional tinggi memiliki cara untuk membangun dirinya kembali.

Mereka bukan orang yang mudah terpuruk dan jatuh hanya karena satu dua kegagalan. Mereka belajar dari kejadian yang telah terjadi dan mengambil hikmah dari kejadian tersebut. Dari sanalah, mereka menjadi kuat dan bangkit dengan semangat baru.

Orang-orang yang seperti ini adalah karyawan yang baik dan unggul. Jika digambarkan dalam grafik, kinerjanya akan terlihat stabil. Berbeda dengan orang-orang yang lemah kecerdasan emosionalnya.

  1. Membantu Memantapkan Tujuan

Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan selanjutnya adalah kemampuan untuk menetapkan tujuan. Orang yang cerdas emosionalnya tahu bagaimana harus melangkah dan mengambil tindakan.

Mereka tidak bertindak secara agresif dan tiba-tiba. Semua tindakan dan pekerjaan dilakukan dengan langkah-langkah yang telah dipersiapkan sebelumnya. Mereka juga fokus terhadap tujuan bekerja dan tidak mudah goyah karena hal-hal lain.

  1. Membentuk Karakter

Kecerdasan emosional membentuk karakter seorang individu. Individu dengan kecerdasan emosional tinggi adalah orang yang ramah, penyabar, pendengar yang baik, problem solver yang bijak dan lain sebagainya.

Karakter orang yang cerdas emosionalnya adalah karakter yang tepat untuk dijadikan pemimpin. Mereka mampu mengayomi orang lain, memahami dan membuat orang lain merasa nyaman. Inilah salah satu kelebihan dari individu dengan kecerdasan emosional tinggi.

Dalam hal kinerja, karakter individu adalah hal yang penting. Karakter yang baik akan membuat lingkungan kerja menjadi nyaman dan menyenangkan. Bekerja tidak akan menjadi sebuah beban sehingga bisa dijalani dengan senang hati.

Semua perusahaan pasti menginginkan karyawan dengan produktivitas dan kinerja yang baik. Ini semua bisa diperoleh dari karyawan dengan kecerdasan emosional tinggi. Namun, untuk memperoleh karyawan yang seperti ini dibutuhkan usaha ekstra.

Salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah mengirim karyawan ke Kampoong Hening. Di tempat ini, semua karyawan akan dilatih dan dibentuk menjadi pribadi dengan kecerdasan emosional tinggi.

Dipandu terapis dan konselor ahli, Kampoong Hening menyediakan fasilitas dan sarana yang sangat memadai. Lingkungan yang hijau, asri dan damai adalah tempat yang sangat cocok untuk pelatihan kesehatan mental ini. Jangan tunggu lagi dan segera kunjungi sekarang juga.

 

Scroll to Top