Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

BADAI PASTI BERLALU

Ketika membaca judul artikel ini pasti langsung teringat dengan lagu salah satu musisi di tanah air. Lagu yang dinyanyikan oleh Ari Lasso ini pada intinya menceritakan bahwa semua permasalahan, yang dianalogikan dengan badai, sepelik apapun permasalahan tersebut pasti akan berlalu. Kalau versi saya seperti ini “Seberantakan apapun kita hari ini, pada akhirnya nanti kita pasti akan beres-beres”.

 

“Nah, terus sebenernya kali ini kita mau membahas apa sih?”

 

Jadi kali ini saya ingin membahas terkait dengan Berdamai Dengan Diri Sendiri, yang mana saat ini masih banyak sekali orang-orang yang belum bisa, belum paham, atau bahkan belum tahu tentang konsep berdamai dengan diri sendiri. Lantas, sebenarnya apa itu berdamai dengan diri sendiri, bagaimana caranya dan sepenting apakah hal tersebut untuk hidup kita? Berikut penjelasannya:

 

  1. Berdamai Dengan Masa Lalu

Berdamai dengan diri sendiri biasanya berkaitan erat dengan berdamai dengan masa lalu. Hal ini dikarenakan masa lalu memiliki andil yang sangat besar dalam membentuk diri kita dan kehidupan kita saat ini. Berdamai dengan masa lalu berarti berdamai dengan seluruh hal-hal buruk masa lalu, baik yang disebabkan oleh diri kita sendiri maupun disebabkan oleh orang lain. Berdamai dengan masa lalu berarti menerima seluruh kekurangan diri kita di masa lalu, dan seluruh hal-hal buruk yang telah terjadi pada diri kita.

 

“Memangnya kenapa kita harus berdamai dengan masa lalu?”

Seseorang akan benar-benar berkembang ke level selanjutnya dan menjadi lebih baik ketika ia menerima seluruh kenangan buruk tersebut, bukan melupakannya. Karena seringkali ketika kita berusaha melupakan justru yang terjadi adalah semakin teringat dan semakin terasa sakit. Hal itu dikarenakan manusia memang lebih mudah untuk mengingat hal-hal buruk dibandingkan hal-hal baik. Sehingga penerimaan dan berdamai terhadap semua itu menjadi penting untuk dapat sembuh dan bangkit dari semua hal buruk itu, bukan dengan cara melupakan yang jutsru malah semakin membuat sakit dan teringat

 

1. Sudut Pandangmu Adalah Cara Hidupmu

Hal-hal negatif yang terjadi pada kita pasti akan membuat kita memandang sesuatu secara negatif. Terlebih jika hal-hal negatif tersebut terjadi secara intens terhadap diri kita. Tetapi, secara tidak langsung sebenarnya cara hidup kita sangat dipengaruhi oleh cara kita memandang sesuatu. Jika kita selalu memandang dengan cara yang negatif, maka output di hidup kita pun akan negatif.

Kebanyakan dari kita sulit berdamai dan melupakan masa lalu, dikarenakan sudut pandang kita yang ikut terpengaruh menjadi negatif. Sudut pandang sangat penting untuk diubah ke arah positif, agar mempermudah kita menerima dan melupakan hal-hal negatif di masa lalu

 

2. Tidak Ada Salahnya Kok Mengingat Masa Lalu

Berusaha melupakan sesuatu adalah kegiatan yang ketika dilakukan, justru akan semakin membuat kita teringat akan hal itu. Kebanyakan orang menganggap mengingat masa lalu malah akan membuat kita semakin sulit melupakan. Padahal faktanya tidak demikian.

Mengingat masa lalu justru merupakan bagian dari penerimaan terhadap diri sendiri, dengan catatan bahwa kita mengingat masa lalu dengan sudut pandang yang positif. Semakin kita terbiasa untuk mengingat masa lalu dengan cara-cara yang baik. Maka akan semakin besar pula penerimaan kita terhadap diri sendiri dan masa lalu yang telah terjadi. Karena bagaimanapun, hal tersebut tidak dapat diubah dan telah menjadi bagian dari kehidupan kita. Larut dalam kesedihan tidak akan mengubah keadaan maupun diri kita menjadi lebih baik.

“Oke, Sekarang saya paham, tapi itu kan secara teori jadi mudah saja, secara praktiknya bagaimana jika ternyata sulit?”

Manusia adalah makhluk sosial. Pasti akan sangat sulit jika berproses sendirian, terlebih jika permasalahan yang dihadapi cukup besar. Ketika kamu kesulitan, jangan ragu untuk menghubungi tenaga profesional. Saya menyarankan jika kamu merasa kesulitan untuk berdamai dengan diri sendiri, untuk coba berkonsultasi dengan psikolog di Kampoong Hening. Layanan konsultasi psikolog di Kampoong Hening tidak hanya mendengarkan keluhanmu dan memberikan masukan, tapi juga terdapat layanan-layanan dalam bentuk Eco Therapy.

 

Untuk info selengkapnya bisa kamu cek langsung di homepage website ini ya! Be strong, enjoy the process, dan jangan takut untuk berubah. Semoga bermanfaat!

Scroll to Top