Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

Buku Pengembangan Diri Terbaik untuk Bacaan Sehari-hari

Anda suka membaca dan membutuhkan motivasi perihal self improvement atau pengembangan diri? Nah, itu artinya Anda wajib membaca buku-buku pengembangan diri untuk memotivasi diri Anda sendiri.

Buku memang ibarat jendela dunia. Dengan membaca buku, Anda bisa menemukan berbagai hal, wawasan baru, serta hal-hal yang kiranya masih asing menjadi lebih dekat dan mampu Anda pahami.

Banyak sekali buku tentang pengembangan diri di luar sana. Tentunya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, tergantung bagaimana sang penulis mengemukakan gagasan mereka dalam buku tersebut.

Jika Anda membutuhkan motivasi dari buku pengembangan diri, berikut ini adalah 7 buku tentang self improvement yang termasuk kategori best seller dan banyak diminati para pembaca, yang mungkin cocok untuk Anda.

1. Atomic Habits (2018)

Buku yang ditulis oleh James Clear ini membantu Anda mengubah cara pandang tentang suatu perubahan dalam diri ternyata dapat dimulai dari hal-hal kecil yang biasa Anda lupakan atau bahkan remehkan.

James Clear juga memasukkan beberapa teori psikologi yang mendukung tentang perubahan tersebut. Kebiasaan-kebiasaan yang kadang Anda pandang sepele, ternyata bisa menjadi hal buruk jika dilakukan terus-menerus.

Maka, untuk dapat mengubah pribadi menjadi lebih baik, hal-hal sepele itu harus diubah dan diimprovisasi menjadi hal yang lebih bermanfaat.

Dalam buku ini, Anda juga akan disuguhkan tentang pengalaman nyata dari beberapa orang besar seperti artis, CEO, atlet, dan lainnya. Tentang perjuangan hidup mereka, bagaimana usaha mereka dalam mengubah cara pandang dan kebiasaan hidup, hingga bisa sukses.

2. The Power of Positive Thinking (1952)

Memang buku ini terbilang lawas. Namun, ada banyak sekali pelajaran berharga yang bisa Anda ambil dari apa yang ditulis oleh Vincent Norman Peale. Sampai saat ini, buku tersebut masih terus dicetak.

Terutama untuk para remaja yang tengah berada dalam masa transisi dan mencari jati diri, buku ini sangat layak direkomendasikan sebagai bahan motivasi pengembangan diri.

Peale menjabarkan bagaimana berpikir positif dapat memberikan banyak manfaat secara fisik maupun mental pada seseorang. Dalam buku ini, Peale juga merincikan bagaimana cara untuk tetap membuat diri Anda terus berpikir positif dalam hidup ini.

Mulai dari mendekatkan diri pada Tuhan, sampai bagaimana membangun hubungan yang baik dengan sesama.

3. You Do You (2020)

buku pengembangan diri
Isi Buku You Do You | source: sitiastarina

Apakah Anda mengenal sosok pengusaha bernama Fellexandro Ruby? Nah, buku ini adalah buah karyanya yang berhasil menjadi best seller pada tahun 2020 lalu. Sampai sekarang masih diminati dan dicari banyak orang.

Buku ini ditulis dengan kata-kata yang sangat memotivasi dan tidak menggurui. Anda akan diajak untuk menemukan jawaban atas kegalauan hati terhadap beberapa pilihan hidup yang mungkin sedang Anda hadapi.

Terutama masalah karier. Apakah Anda bingung harus resign dari pekerjaan Anda saat ini, yang Anda kurang begitu sukai tetapi memberikan Anda gaji rutin setiap bulannya? Atau membangun bisnis dari nol, yang sesuai dengan passion Anda, tetapi membutuhkan banyak modal di awal?

Anda akan diajak merefleksi diri Anda sendiri, apa yang dibutuhkan dan sebenarnya penting bagi masa depan Anda, dan juga diajak berpikir tentang baik buruknya keputusan apa yang akan Anda ambil nantinya.

Buku pengembangan diri ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki masalah dengan karier, bayangan hidup masa depan, dan sedang galau pada beberapa pilihan jalan hidup.

4. To Heal To Accept (2020)

Buku keluaran tahun 2020 dan masuk kategori best seller yang ditulis oleh Adi K. ini sangat cocok dibaca oleh para pembaca usia remaja sampai dewasa.

Gaya bahasa dan nasihat-nasihat yang tertuang dalam buku ini sangat mudah dipahami, tidak menggurui, tidak menghakimi, serta tidak bertele-tele.

Anda akan diajak untuk kembali meraih rasa percaya diri setelah merasakan sakit hati, trauma, atau rasa kehilangan akan sesuatu. Sebab, dalam buku ini penulis menyebutkan dengan jelas bagaimana cara-caranya, yang bisa Anda ikuti dengan baik nantinya.

5. Think and Grow Rich (1937)

Buku ini disebut-sebut sebagai nenek moyang dari semua buku pengembangan diri. Selain itu juga sebagai buku tentang self improvement yang best seller sepanjang masa. Hal ini terbukti dari masih dicetak dan banyaknya pembaca buku ini sampai sekarang.

Napoleon Hill mewawancarai beberapa tokoh hebat seperti Andrew Carnegie, Henry Ford, Thomas Edison, John D. Rockefeller, Theodore Roosevelt, John Wanamaker, Alexander Bell, dan masih banyak lagi, guna mengulik kisah hebat hidup mereka.

Kemudian, Hill menuangkannya dalam buku ini dan memberikan banyak nasihat serta beberapa hal yang kiranya dapat membuat para pembaca mampu memahami bagaimana cara-cara agar bisa meraih kesuksesan hidup, minimal seperti tokoh-tokoh hebat tersebut.

Buku ini sangat cocok untuk Anda yang tengah mencari motivasi setelah mengalami kegagalan, atau juga bagi Anda yang masih kebingungan memutuskan jalan hidup mana yang ingin Anda perjuangkan ke depannya.

6. How to Win Friends and Influence People (1936)

Buku pengembangan diri yang satu ini juga masuk sebagai salah satu buku best seller sepanjang masa. Bagaimana sang penulis, Dale Carnegie, menguraikan banyak pesan dan nasihat dalam buku ini tentang cara-cara bersosialisasi, dapat membantu Anda yang tengah merasa kesulitan berada di lingkungan baru.

Bagi Anda yang baru saja menginjakkan kaki di tengah orang-orang baru, atau merasa kesulitan bagaimana harus mengatur orang lain yang adalah bawahan Anda, sepertinya cocok jika menyimak dan mempelajari berbagai hal dalam buku ini.

Carnegie mengemukakan banyak cara bagaimana menaklukkan tantangan pandangan orang lain, membuat lebih percaya diri saat berbaur dengan orang lain, serta mengubah lawan menjadi kawan.

7. The Subtle Art of Not Giving a F*ck (2016)

Buku yang dalam bahasa Indonesia berjudul “Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat: Pendekatan yang Waras Demi Menjalani Hidup yang Baik” ini menjadi best seller dan sampai sekarang masih banyak dicari oleh para pembaca.

Mark Manson, sang penulis, mengajak para pembaca untuk mencari makna dan kebahagiaan hidup diri sendiri dengan tidak terlalu memusingkan pandangan orang lain atau hal-hal negatif yang tidak bisa menjadi pendukung keberhasilan masa depan.

Cara Manson mengajak pembaca di buku ini sangat nyaman, tidak menghakimi atau terlalu menggurui, dan lebih kepada membimbing serta menasihati. Motivasinya segar, sehingga dapat diterima baik mereka yang berada dalam usia remaja ataupun Anda yang berusia dewasa.

Nah, itulah 7 buku pengembangan diri best seller yang layak menjadi rekomendasi bagi Anda yang saat ini sedang membutuhkan motivasi self improvement dalam meraih kebahagiaan, kesuksesan, dan makna hidup.

Selain membaca buku bergenre self improvement, salah satu jenis buku yang bisa meningkatkan kebahagiaan dan mindfulness adalah dengan menulis jurnal perkembangan diri. Miliki buku The New Me by Kampoong Hening untuk menjadi pribadi yang lebih mindful!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top