Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

7 Cara Meditasi Menurut Islam Untuk Menghilangkan Stres

Saudara, tahukah Anda bahwa kondisi stres yang dibiarkan terus berlarut-larut tanpa segera diatasi akan berakibat buruk bagi kesehatan mental dan fisik? Tak hanya akan menimbulkan gangguan mental pada penderitanya, tetapi juga imun akan semakin turun dan mengakibatkan tubuh rentan diserang oleh penyakit.

Maka, apabila Anda atau keluarga ada yang sedang mengalami stres, segera ambil tindakan cepat dengan segera mengatasinya agar tidak semakin bertambah parah.

Salah satu cara untuk menghilangkan stres adalah dengan melakukan meditasi. Di mana meditasi sendiri adalah sebuah metode relaksasi untuk menggabungkan konsentrasi serta fokus pikiran dan berfungsi memberikan rasa tenang, tenteram, dan nyaman bagi seseorang yang menjalaninya.

Meditasi bisa dilakukan dengan banyak cara. Termasuk meditasi dalam agama Islam. Nah, bagi para Muslim yang sedang berupaya untuk menghilangkan stres pada diri, jika ingin melakukan meditasi, bisa dengan cara yang sesuai dengan agama Islam. Apa saja itu?

1. Zikir

meditasi islami

Mengingat Allah akan membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang dan merasa tenteram. Apabila kondisi stres menyerang Anda karena masalah yang berat, pekerjaan yang menumpuk, atau kondisi monoton rutinitas harian yang membuat Anda jenuh, maka kembali mendekat kepada Allah dengan mengingat-Nya akan membuat Anda bisa kembali merasakan kedamaian.

Ketika berzikir, fokuskan hati dan pikiran Anda agar berkonsentrasi, bahwa Allah selalu ada dan akan memberikan pertolongan serta jalan keluar bagi setiap permasalahan hamba-Nya.

Berzikirlah dengan khusyu’, fokuskan pikiran Anda pada asma Allah, dan setiap menyebut nama-nama agung-Nya jangan lupa untuk menarik napas dan mengeluarkannya dengan tenang.

Dengan berzikir, selain Anda bisa lebih tenang dan rileks, juga bisa menguatkan kembali hubungan Anda dengan Allah.

2. I’tikaf

Pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan, biasanya umat muslim akan menjalankan i’tikaf untuk bisa memaksimalkan hari-hari terakhir bulan suci tersebut agar bisa meraih banyak pahala dari Allah.

I’tikaf sendiri adalah berdiam diri di dalam masjid. Anda bisa melakukannya juga meskipun tidak di bulan Ramadan. Banyak hal yang bisa Anda lakukan selama menjalani i’tikaf tersebut.

Di antaranya, membaca dan tadabur Alquran, salat sunah, membaca buku-buku agama, berzikir, dan hal-hal yang bisa mendekatkan Anda kepada Allah.

Kondisi masjid tentu jauh lebih tenang dan nyaman untuk berdiam diri dan melakukan banyak ibadah kepada Allah, dibandingkan dengan di rumah atau tempat lain.

Kondisi yang tenang dan mendukung Anda untuk bisa lebih khusyu’ dalam menjalankan berbagai ibadah itulah yang bisa membantu Anda agar lebih rileks dan bisa menjadi salah satu sarana menghilangkan stres yang sedang menghimpit Anda.

3. Memperbanyak Waktu dengan Alquran

Salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah agar hati tenang dan kembali tenteram adalah dengan memperbanyak waktu bersama Alquran. Mulai dari membaca sampai mentadaburinya.

Semakin sering interaksi seorang hamba dengan Alquran, maka akan memengaruhi juga segala tingkah lakunya dalam kehidupan, sebagai wujud dari pengamalan isi Alquran tersebut.

Hati seseorang yang lisannya selalu mengucapkan keagungan bagi Allah dalam kitab suci-Nya, juga akan menjadi lebih lembut dan tenang. Terlebih saat mengalami berbagai masalah dalam hidup, karena percaya bahwa Allah akan selalu memberikan jalan keluar terbaik.

4. Salat Malam

Suasana paling tenteram dan nyaman adalah di waktu sepertiga malam. Selain udara juga cukup sejuk dan masih banyak orang tidur, seseorang yang bangun di waktu tersebut juga akan lebih merasakan rileks dan tenang.

Dengan suasana dan kondisi demikian, maka menjalankan ibadah salat sunah di waktu tersebut juga akan membuat seseorang kembali mendapatkan kedamaian dalam dirinya. Salatnya juga lebih khusyu’, dan setelahnya bisa memohon kemudahan segala urusan kepada Allah.

Ketenteraman hati yang didapat dari rutin menjalankan salat di sepertiga malam, kemudian banyak berzikir dan juga membaca Alquran setelahnya, akan membantu Anda yang sedang mengalami stres karena masalah yang pelik, kembali tenang dan fokus untuk mencari solusi terbaik dari permasalahan tersebut.

5. Tafakur

Unsplash

Tafakur artinya adalah merenung, banyak memikirkan sesuatu, dan memusatkan pikiran pada suatu hal. Tafakur sendiri dalam Islam lebih kepada melihat tanda-tanda atau dalil. Tentunya jika seorang Muslim mampu melakukan tafakur dengan benar, dia pasti akan mampu melihat tanda-tanda keagungan Allah, dan bertambah pula imannya.

Jika suatu masalah berat menghampiri dan membuat Anda stres, itu tandanya Anda perlu kembali introspeksi diri dan menyadari bahwa Anda hanyalah makhluk ciptaan Allah yang segala sesuatu di sekitar dan yang Anda dapatkan adalah milik Allah dan semua akan kembali pada-Nya. Begitu pula dengan masalah Anda. Pasti akan ada penyelesaiannya juga, jika Anda siap untuk berpikir tenang, bijak, dan menemukan tanda keagungan Allah atas segala milik-Nya itu.

Tafakur juga membantu Anda lebih fokus pada kehidupan, tujuan, serta apa yang tengah Anda perjuangkan sekarang. Selain juga membantu membangun rasa percaya diri Anda, bahwa Allah telah menciptakan semua hamba-Nya dengan kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

6. Banyak Bersyukur

Kadang, hati yang resah karena kurang bersyukur pada Allah, bisa menjadi penyebab datangnya stres pada diri Anda saat masalah datang menyapa.

Maka, kembali mendekat kepada Allah dengan banyak mengucap syukur, dan diikuti dengan menjalankan segala yang Allah perintahkan, adalah cara yang sangat ampuh untuk kembali meraih ketenangan hati dan pikiran.

Sebab, Anda akan kembali percaya bahwa segala masalah yang sedang Anda alami, akan bertemu solusinya, jika Anda mau berusaha mencari dengan bijak, memohon pertolongan kepada Allah, dan tentunya tawakal atas hasilnya apa pun itu, karena hal tersebut adalah yang terbaik dari Allah.

7. Perbanyak Istighfar

Jangan lupakan bahwa sebagai manusia, Anda pasti tak luput dari banyak salah, dan juga melakukan dosa kepada Allah. Entah itu kecil atau besar.

Maka, untuk kembali menjernihkan pikiran dan menenangkan hati, perbanyaklah istighfar, memohon ampun atas segala dosa dan salah pada Allah, baik yang Anda sadari maupun tidak.

Jangan lupa juga untuk terus melakukan taubat, setelah Anda memohon ampunan-Nya. Berusahalah dengan kuat untuk tak lagi mengulangi salah dan dosa masa lalu pada Allah.

Banyak beristighfar bisa mendekatkan Anda kembali pada Allah, juga bisa membantu Anda mengevaluasi diri atas segala khilaf dan dosa Anda terdahulu, dan peringatan agar tak lagi diulangi. Salah satu program yang bisa kamu ikuti untuk belajar mengevaluasi adalah Silent Mindful Listening.

Selain itu, bisa mengantarkan Anda pada rasa tenang, membuat Anda kembali menyadari bahwa Allah selalu ada untuk mengawasi Anda, maka rasa stres yang tengah Anda hadapi akan pelan-pelan menghilang.

Nah, itu tadi 7 cara meditasi menurut Islam yang bisa Anda coba lakukan untuk menghilangkan stres yang tengah menghimpit Anda. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top