Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

Cara Mengenali Diri Sendiri untuk Melejitkan Potensi

Sahabat, pernahkah merasa bahwa sebenarnya Anda memiliki potensi besar dalam diri, tapi belum benar-benar bisa dimaksimalkan karena ada berbagai hal yang mengganjal? Itu berarti, Anda masih berada dalam tahap belum mengenali diri sendiri dengan lebih dekat.

Padahal, jalan untuk bisa melejitkan potensi adalah dengan mengenal diri Anda sendiri terlebih dahulu. Dengan mengetahui bagaimana diri Anda, maka apa yang terpendam, akan bisa dimunculkan ke permukaan.

Selain dapat melejitkan potensi, nyatanya mengenali diri lebih dalam dapat membantu Anda untuk mengenal Allah lebih dekat, yaitu dengan bertambahnya kesadaran  bahwa Anda adalah ciptaan Allah, dan beribadah kepada-Nya adalah salah satu kewajiban dan kebutuhan dalam hidup ini.

Beberapa Manfaat Mengenali Diri Sendiri

 

mengenali diri sendiri
Jessica Arends | Unsplash

Beberapa manfaat lain yang bisa Anda rasakan jika sudah mengenali diri lebih dalam, di antaranya adalah;

  1. Mengetahui Apa Tujuan Hidup yang Ingin Anda Raih

Kebanyakan orang masih kebingungan mengenai apa sebenarnya yang menjadi goal besar dalam hidup mereka, apa cita-cita yang ingin diraih, dan apa yang harus mereka lakukan untuk bisa memperjuangkan itu semua.

Dengan mengenal diri Anda lebih dekat, semua itu bisa Anda ketahui dan rencanakan; Seberapa besar kemampuan Anda untuk meraih goal, serta bagaimana jika goal itu belum tercapai, apakah Anda akan mencari alternatif jalan lain, atau menggantinya dengan Plan B, misalnya.

  1. Dapat Mengetahui Siapa Lawan dan Kawan dalam Hidup Anda

Persaingan dalam kehidupan jelas ada. Sebagai makhluk sosial, tentu Anda tak bisa lepas dari bersinggungan dengan orang lain. Dalam keluarga, dunia sekolah, pekerjaan, dan bermasyarakat.

Mengenali diri lebih dekat dapat membuat Anda tahu, bagaimana harus berinteraksi di dunia sosial. Hal ini akan membantu Anda untuk bisa menganalisis siapa saja yang bisa dijadikan teman, dan siapa yang harus dihindari agar tidak menjadi penghalang Anda menuju jalan yang lebih baik dalam kehidupan ini.

  1. Lebih Semangat dalam Beribadah 

Salah satu manfaat penting yang akan Anda dapatkan jika sudah mengenali diri sendiri adalah memiliki interaksi yang lebih dekat dengan Sang Pencipta. Timbul kesadaran bahwa Anda adalah ciptaan Allah, dan suatu hari akan kembali kepada-Nya. Dengan keterbatasan sebagai manusia yang sejatinya fana itulah, Anda akan menyadari bahwa kita semua tak bisa hidup tanpa pertolongan dari Allah, dan kemudian menjadikan-Nya sebagai tempat bergantung serta berharap.

Nah, dari berbagai manfaat yang bisa didapatkan itulah, maka penting sekali bagi setiap orang untuk bisa mengenali dirinya sendiri lebih dekat. Terlebih, agar potensi dalam diri bisa muncul dan menjadi senjata kuat untuk meraih goal-goal dalam hidup.

Cara Lebih Mengenal Diri Sendiri

cara mengenali diri sendiri
Simon Migaj | Unsplash

Lalu, bagaimana sebenarnya cara untuk lebih mengenali diri sendiri? Simak tipsnya berikut ini!

  1. Terima Kegagalan yang Pernah Anda Alami

Tentunya dalam hidup ini, saat berproses dalam meraih sesuatu, ada momen di mana justru kegagalan yang Anda dapat. Merasa terpuruk karena hal tersebut adalah hal yang wajar. Namun, yang terpenting, kita perlu untuk bisa melalui dan menerimanya dengan lapang dada. Kemudian, ambil hikmah terbaik dengan menganalisis apa saja faktor yang menyebabkan kegagalan itu terjadi.

Jika salah satunya adalah faktor dari diri Anda, satu poin mengenal diri sendiri akan Anda dapatkan. Berlatihlah terus, agar kelemahan yang menjadikan kegagalan itu muncul pelan-pelan berkurang dan akhirnya bisa hilang untuk berganti dengan hal positif baru dalam melejitkan potensi Anda.

  1. Sadari Kelebihan dan Kekurangan Anda Sebagai Manusia

Segala kesempurnaan hanyalah milik Allah. Maka, tak sepantasnya Anda merasa terpuruk jika mengetahui bahwa Anda sudah mencapai batas maksimal dalam memperjuangkan sesuatu. Bukan berarti Anda harus putus asa dan menyerah, tapi jika Anda sudah merasa mencapai batas, maka ubahlah haluan ke plan B, atau alternatif jalan lain, agar Anda tetap bisa berjuang.

Sejatinya, Allah akan mengganti sebuah kegagalan atau hal yang belum bisa Anda raih meski sudah berusaha dengan maksimal, dengan hal-hal yang jauh lebih baik, jika Anda ikhlas menerima keputusan Allah tersebut.

Jika dirasa sulit untuk menyadari hal ini, barangkali kita perlu berhenti sejenak. Beristirahat dari kebisingan hiruk pikuk di sekitar kita dan kesibukan tiada henti. Berhenti, untuk kemudian siap berakselerasi lebih cepat lagi. Cobalah metode silent mindful listening untuk meningkatkan kualitas diri.

  1. Percaya pada Diri Anda Sendiri

Kadang, saat kita hendak melangkah untuk berjuang meraih salah satu goal dalam hidup, langkah ini terhenti atau ragu kembali dijalankan, karena ada pandangan atau pendapat orang lain yang mengganggu.

Pahamilah, bahwa tak semua yang datang dari orang lain itu selalu baik. Ada kritik yang merusak dan menjatuhkan mental yang itu menjadi racun dalam proses meraih sesuatu, dan itulah yang harus Anda buang jauh-jauh. Ambil saran dari mereka yang tulus memberikan pada Anda untuk kebaikan, dan jangan pedulikan kritik merusak dari mereka yang tak ingin Anda meraih kesuksesan.

  1. Meminta Pendapat Orang Lain

Minta orang terdekat untuk menggambarkan diri Anda secara terbuka, mencakup bagaimana kelebihan dan kekurangan Anda, serta cara Anda menyikapi masalah dalam hidup.

Pilihlah orang yang paling dekat, paling memahami, dan tulus kepada Anda untuk melakukan itu. Kemudian bandingkan dengan sudah sejauh mana analisis yang Anda buat terhadap diri sendiri. Jangan sungkan meminta saran pada orang yang Anda mintai tolong itu, baiknya bagaimana agar kelemahan tak menutup kelebihan yang Anda miliki tersebut.

  1. Buatlah Jurnal Harian atau Mingguan

Apa yang Anda alami, hasil yang Anda dapatkan atau solusi permasalahan yang dihadapi. Tulis semuanya dengan detail, kemudian setiap sebulan sekali lakukanlah evaluasi. Bandingkan, apakah ada kemajuan dalam langkah Anda, dalam Anda menyikapi suatu masalah, dan dalam Anda menemukan solusi. Jika belum ada kemajuan atau malah semakin mundur, saatnya Anda untuk kembali berbenah, dengan mencari mana saja sebenarnya penghalang yang membuat Anda belum bisa maju tersebut.

  1. Banyak Bersyukur Atas Kehidupan yang Telah Allah Beri untuk Anda

Mensyukuri iman yang Anda miliki, orang-orang baik di sekitar Anda, pekerjaan, keluarga, dan sebagainya akan memudahkan Anda untuk merasakan hidup yang lebih berarti. Jangan terlalu sering memandang ke atas, atau ke bawah. Fokus pada diri Anda. Apa hobi Anda, bagaimana cara mengasah atau menyalurkannya, dan sebagainya. Jika Anda bisa fokus pada diri sendiri, maka Anda akan menemukan banyak hal baik yang mendorong untuk lebih banyak bersyukur kepada Allah.

  1. Bandingkan Diri Anda yang Baru dengan yang Lama 

Maksudnya, jika dulu Anda adalah orang yang pesimis, maka setelah Anda menemukan kepercayaan diri dalam sebuah komunitas yang Anda nyaman di dalamnya, Anda berubah jadi orang yang lebih optimis. Perbandingan bahwa dulu Anda yang seperti itu dan menjadi seperti sekarang, bisa dijadikan pelecut semangat untuk terus meningkatkan potensi diri. 

Berbeda jika Anda membandingkan diri dengan orang lain, yang Anda tidak ketahui benar bagaimana proses dia dalam berubah dari sisi lemah ke kuat. Anda hanya akan merasa minder jika memandang hasil akhir milik orang lain, tanpa tahu benar bagaimana perjuangan mereka untuk mencapai titik tersebut.

Maka, membandingkan diri yang lama dengan yang baru, bisa membuat Anda lebih banyak bersyukur dan mengenal seberapa jauh kapasitas yang Anda miliki untuk bisa berproses lebih baik dalam hidup.

Itulah tujuh cara yang bisa Anda lakukan untuk mengenal diri sendiri, demi melejitkan potensi terpendam di dalam diri. Lakukan dengan sungguh-sungguh dan niat kuat, serta yakin bahwa hanya Anda yang bisa mengenal diri sendiri dengan baik, dibandingkan orang lain.

Jangan lupa untuk tetap mau menerima kritik dan saran membangun dari orang baik di sekitar Anda, karena Anda adalah manusia yang kadang tidak bisa melihat sesuatu dalam diri, kecuali dengan bantuan dari luar. Bahkan, jika perlu, tidak ada salahnya jika Anda belajar cara mengenali diri sendiri dibimbing langsung oleh para ahli.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top