Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

8 Cara Menghilangkan Stres Agar Hidup Lebih Bahagia

Tahukah Anda? Kondisi fisik yang mulanya sehat, tidak ada gangguan, dan stamina yang fit, ternyata bisa tiba-tiba buruk dan jatuh sakit akibat seseorang mengalami stres yang dibiarkan terus berlarut-larut dan tidak segera dihilangkan atau disembuhkan.

Sebenarnya, apa itu yang dimaksud dengan stres?

Stres adalah reaksi tubuh baik secara fisik maupun mental atau psikologis, yang timbul akibat dari suatu tekanan atau ancaman yang datang dari luar.

Sebenarnya, kondisi ini adalah efek dari tubuh yang memproduksi hormon adrenalin sebagai bentuk pertahanan diri melawan ancaman atau tekanan dari luar tersebut.

Maka dari itu, ketika stres datang sebagai warning, sebaiknya Anda harus segera sigap mencari cara, agar stres itu bisa segera hilang dan fisik serta mental Anda kembali dalam kondisi normal lagi.

Sebab, mental atau psikologis yang terganggu atau tidak sehat, bisa memengaruhi kondisi fisik Anda. Pun sebaliknya.

Berikut ini adalah 8 cara menghilangkan stres yang bisa Anda lakukan, agar kondisi fisik dan psikologis kembali membaik seperti sedia kala, dan Anda bisa meraih kebahagiaan hidup.

Olahraga Ringan

Fisik yang kuat berawal dari bagaimana Anda menggunakannya sehari-hari. Jika merasa bahwa aktivitas Anda padat, menyita banyak tenaga atau pikiran setiap harinya, tak ada salahnya di pagi hari selama sepuluh sampai lima belas menit, sediakan waktu untuk olahraga ringan.

Bisa dengan senam ringan, jalan kaki sekitar rumah atau kompleks perumahan Anda, joging, bersepeda, bermain basket, dan lain-lain.

Olahraga ringan ini sifatnya untuk membuat tubuh segar dan lebih bugar, bukan malah membuatnya menjadi lelah sebelum memulai aktivitas harian Anda. Jadi, jangan melakukan olahraga berat yang menguras tenaga.

Dengan tubuh yang segar setelah melakukan olahraga ringan di pagi hari, aktivitas harian Anda akan berjalan lebih menyenangkan dan nyaman, sehingga bisa menghindarkan Anda dari rasa lelah fisik yang dapat mengundang stres.

Olahraga fisik selain bisa menghalau, juga bisa menyembuhkan stres. Pikiran Anda yang tegang akan bisa lebih rileks dengan melakukan olahraga ringan yang dapat membuat fisik Anda kembali segar, dan otomatis mampu melawan kondisi stres.

Perbanyak Ibadah dan Mendekatkan Diri pada Allah

Kembali kepada Sang Maha Pencipta adalah sebuah naluri yang pasti akan dilakukan setiap hamba ketika sedang dalam keadaan berat dan memiliki masalah dalam hidupnya.

Ketika stres mendatangi Anda, maka mendekat kembali kepada Allah adalah salah satu jalan untuk bisa menghilangkan stres tersebut.

Selain Anda bisa lebih dekat dengan Allah, memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri pada Allah bisa menjadi sarana introspeksi diri juga. Apakah selama ini Anda sudah banyak bersyukur atas nikmat Allah atau belum.

Bisa menjadi bahan evaluasi diri juga, apakah stres karena masalah yang sekarang sedang Anda hadapi adalah ujian atau sebuah peringatan dari Allah tentang bagaimana cara Anda hidup selama ini.

Memperbanyak ibadah dan semakin dekat dengan Allah juga akan membuat psikologis Anda semakin tenang dan merasa tenteram, sehingga rasa stres yang Anda alami akan bisa segera dikalahkan.

Berbagi Cerita dengan Orang Terdekat dan Bisa Dipercaya

Kondisi stres bisa juga terjadi karena Anda memendam sendiri pikiran dan masalah berat yang sedang Anda miliki. Hal itu akan membuat Anda semakin tertekan secara psikologis, dan bisa membuat kondisi kesehatan fisik Anda menurun juga.

Jika memang Anda membutuhkan bantuan atau tempat berkeluh-kesah, jangan ragu mendatangi orang terdekat yang Anda percaya untuk meminta bantuan mereka.

Apabila beban berat di hati dan pikiran Anda telah sedikit berkurang karena berbagi dengan orang dekat yang Anda percayai tersebut, maka stres yang tengah Anda alami akan bisa segera hilang.

Lakukan Hobi atau Hal yang Disenangi

Anda memiliki hobi atau minat pada suatu hal? Jangan ragu untuk melakukan hal tersebut sebagai pengalihan diri saat stres menyerang Anda.

Misalnya, Anda memiliki hobi menulis. Maka coba luangkan waktu untuk membuat sebuah karya tulis sesuai minat Anda, apalagi di saat stres menyerang Anda.

Hobi atau minat yang Anda lakukan itu tak hanya akan menghilangkan stres yang datang menyerang, tetapi juga bisa membuat Anda refresh sejenak dari rutinitas yang bisa jadi pemicu dari stres tersebut.

Menjauh dari Keramaian Selama Beberapa Waktu

Ada kalanya stres menyerang seseorang karena terlalu sering berada di tengah-tengah orang yang memberikan tekanan berat sehari-harinya. Bisa jadi mereka adalah rekan kerja satu ruangan, rekan satu komunitas, atasan, teman satu kelas, dan macam-macam.

Untuk menghilangkan stres yang melanda Anda tersebut, ambil waktu luang untuk sengaja menghindari keramaian atau berkumpul dengan orang banyak. Menyendirilah sejenak.

Anda bisa melakukan itu di rumah, kontrakan, atau jika memiliki budget lebih, Anda bisa menyewa villa atau kamar hotel. Carilah tempat yang nyaman dan jauh dari sumber stres Anda.

Di tempat tersebut, coba lakukan banyak hal yang bisa membantu menenangkan hati dan pikiran Anda. Antara lain, dengan banyak mendekatkan diri pada Allah, relaksasi, melakukan hobi kesukaan, dan menghibur diri dengan tontonan atau bacaan kesukaan Anda.

Istirahat Sejenak dari Rutinitas

Salah satu penyebab stres yang kerap kali menyerang seseorang adalah rutinitas harian yang melelahkan, dan kadang terasa begitu monoton serta membosankan.

Wajar saja, karena memang manusia tak luput juga dari rasa bosan. Maka, untuk menghilangkan stres yang melanda Anda karena jenuh pada rutinitas harian, cobalah untuk istirahat sejenak dengan melakukan hal lain.

Ambil cuti, libur, izin, atau yang bisa membuat Anda mendapatkan satu atau dua hari kesempatan untuk tidak melakukan rutinitas harian tersebut, dan menggantinya dengan hal lain yang lebih menghibur.

Makan Makanan Bergizi dan Lakukan Pola Hidup Sehat

Stres sendiri sebenarnya bisa menyerang Anda, tak hanya karena kondisi psikologis sedang melemah, tetapi juga kesehatan tubuh yang sedang kurang baik juga. Kondisi fisik dan psikologis memang sangat berkaitan erat.

Maka, untuk menjaga kondisi psikologis Anda tetap sehat dan kuat, yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi makanan sehat bergizi untuk mendukung kesehatan fisik Anda, serta jangan lupa untuk terus melakukan pola hidup sehat.

Saat stres menyerang Anda, cobalah konsultasi kepada psikiater atau ahli gizi, untuk membantu Anda memilih menu seimbang yang mampu menguatkan fisik serta mengurangi tekanan psikologis yang Anda alami.

Sibukkan Diri dengan Kegiatan yang Menarik

Jika suatu masalah datang menekan Anda, ada baiknya coba alihkan pikiran dengan sesuatu hal menarik yang bisa Anda lakukan.

Anda juga bisa mendatangi majelis ilmu, entah ilmu agama atau sains atau jenis ilmu lain, yang selain bisa menambah wawasan, juga membuat pikiran negatif Anda yang bisa memicu stres dapat teralihkan hingga hilang sama sekali.

Tidak ada salahnya juga jika mengikuti program semisal Silent Mindful Listening untuk mendapatkan wawasan yang lebih luas untuk menenangkan hati dan pikiran.

Nah, itulah 8 cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan stres. Jika Anda mulai merasakan tanda-tanda datangnya stres, jangan membiarkan atau menyepelekannya. Segeralah bertindak untuk menghilangkan rasa stres itu, agar tak semakin memberikan pengaruh negatif pada kesehatan mental dan fisik Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top