Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

CREATIVE : Kreatifitas Lahir Dari Hati Yang Jernih

Lakukan hal baru setiap hari untuk mengasah kreatifitas dan lahirnya ide cemerlang. –Jamil Azzaini

Kreativitas merupakan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik yang benar-benar merupakan hal baru atau sesuatu ide baru yang diperoleh dengan cara menghubungkan beberapa hal yang sudah ada dan menjadikannya suatu hal baru.

Dalam kehidupan ini kreativitas sangat penting, karena kreativitas merupakan suatu kemampuan yang sangat berarti dalam proses kehidupan manusia. Treffinger (dalam Reni Akbar Hawadi, dkk, 2001:13) mengatakan bahwa tidak ada seorang pun yang tidak memiliki kreativitas. Mengapa kreativitas penting dalam kehidupan ini? Ada beberapa nilai penting kreativitas dalam kehidupan secara nyata sebagai berikut:

  1. Adanya kemampuan untuk melahirkan sesuatu yang baru yang berupa pikiran maupun karya nyata dalam mengerjakan persoalan hidup bagi orang kreatif. Dengan kreatifnya seseorang dapat melakukan pendekatan secara bervariasi dan memiliki bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu persoalan. Dari potensi kreatifnya, seseorang dapat menunjukkan hasil perbuatan, kinerja/karya, baik dalam bentuk barang maupun gagasan secara bermakna dan berkualitas.
  2. Suatu karya kreatif sebagai hasil kreativitas seseorang dapat menimbulkan kepuasan pribadi yang tak terhingga nilainya. Kreativitas penting untuk mengembangkan semua bakat dan kemampuan individu dalam pengembangan prestasi hidupnya.
  3. Dengan kreativitas tinggi yang dimiliki seseorang maka seseorang tersebut akan mempunyai pengembangan diri secara optimal. Mereka dapat mempergunakan ide-idenya untuk menciptakan kreasi baru demi kelangsungan hidup.
  4. Kreativitas penting untuk dipahami bagi para pendidik (guru) terutama dalam kaitannya dengan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik dan pengajar dalam membimbing dan “mengantarkan” anak didik kepada pertumbuhan dan perkembangan prestasinya secara optimal.

MANFAAT KREATIVITAS

Seorang Albert Einstein berkata bahwa imajinasi lebih baik dibanding kecerdasan.  Imajinasi berkait dengan kreatifitas. Kreativitas memberikan banyak manfaat bagi individu maupun masyarakat luas. Berbagai manfaat dari kreativitas sebagai berikut:

  1. Membuat Hidup Lebih Indah
    Kreativitas akan membuat hidup menjadi lebih indah karena akan dikelilingi oleh hal-hal yang bervariasi dan tidak monoton. Menjalankan kegiatan yang penuh rutinitas akan membuat cepat merasa bosan, tidak semangat, dan pasif. Melakukan hal-hal kreatif yang bervariasi akan memberikan sesuatu yag baru dan segar. Selain bersekolah, sebagai remaja kita juga perlu mencoba hal-hal baru yang positif.
  2. Meningkatkan Apresiasi terhadap Ide Orang Lain
    Kreativitas akan meningkatkan pengertian dan apresiasi akan berbagai gagasan orang lain. Orang yang kreatif pasti bisa menerima dan menghargai ide-ide orang lain, tanpa memandang siapapun yang memberikan ide tersebut.
  3. Meningkatkan Motivasi dan Semangat Hidup
    Kreativitas akan meningkatkan semangat atau motivasi hidup. Orang yang kreatif tidak akan takut kehilangan peluang, sebab ia bisa menciptakan peluang sendiri. Orang yang kreatif tidak takut menghadapi masalah karena ia mampu menyelesaikan masalah dengan daya kreatifnya.
  4. Salah Satu Faktor Kesuksesan Usaha
    Semakin hari kreativtas dalam dunia usaha akan semakin diperlukan. Dalam dunia bisnis kreativitas menjadi salah satu faktor kesuksesan usaha. Semua kegiatan usaha memerlukan kreativitas, mulai penciptaan barang atau jasa, cara produksinya, cara pemasaran, cara pembayaran, dan menjaga kesetiaan pembeli untuk terus menggunakan produknya. Dengan semakin meningkatnya persaingan usaha, kreativitas mutlak diperlukan oleh seorang wirausaha untuk memenangkan persaingan.
  5. Awal Terjadinya Inovasi dan Perubahan
    Kreativitas menjadi langkah awal terjadinya inovasi (penemuan) perubahan-perubahan. Inovasi adalah hasil pendayagunaan kreativitas tertentu sehingga menjadi sebuah cara, proses, produk, atau sumber nilai baru, yang berbeda dari sebelumnya.
  6. Meningkatkan Kualitas dan Taraf Hidup Manusia
    Kreativitas berperan besar dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup manusia. Salah satu ciri karya yang kreatif adalah yang memberikan manfaat sosial sebab jika tidak memberikan manfaat, tidak ada artinya.

Lalu bagaimana cara mengasah kreativitas kita?

  1. Jeda sejenak untuk mindful breating

Dari pagi hingga malam kita pasti sudah memiliki rutinitas harian yang kita lakukan. Bagi perempuan biasanya disibukkan dengan rutinitas di dapur dan membersihkan seluruh rumah sebelum bekerja ataupun mengantar anak ke sekolah. Rutinitas yang sama dan dilakukan tiap hari bisa memunculkan rasa bosan, rasa bosan yang terus menerus bisa memicu stress yang negative dan menurunkan kesehatan mental.

Untuk itu perlu jeda sejenak untuk membuat badan lebih rileks, pikiran dan hati juga lebih tenang. Luangkan waktu 15 menit untuk melakukan mindful breating. Kesadaran bernafas menggunakan pernafasan perut. Saat menghirup udara ungkapkan rasa cintamu kepada Sang Pencipta Tuhan Yang Maha Esa. Jika Anda seorang muslim, saat menghirup udara ucapkan Allah. Dan saat menghembuskan udara ungkapkan rasa syukur atas apa yang dimiliki saat ini. Jika Anda seorang muslim, saat menghembuskan nafas ucapkan Alhamdulillah. Terima kasih Tuhan atas nikmat yang engkau berikan kepadaku.

  1. Lakukan hal baru setiap hari

Lakukan hal baru setiap hari untuk mengasah kreatifitas dan lahirnya ide cemerlang. Seperti halnya seorang Ibu yang anaknya sedang susah makan, Sang Ibu akan berusaha untuk membuat menu-menu baru untuk membuat anaknya terarik untuk makan. Bahkan ada Ibu yang mengganti menu sarapan sebanyak 3x dan akhirnya Sang anak mau untuk makan dan menjadi menu favorit.

Dan bisa jadi menu favorit anak menjadi ide usaha Si Ibu ataupun Si Ibu bisa share resep-resep makanan untuk anak yang sedang gangguan makan di sosial media.

Anda bisa mulai melakukan hal-hal baru mulai saat ini sampai 40 hari kedepan, dan rasakan manfaatnya.

Referansi : https://lstrsins.wordpress.com/tag/manfaat-kreativitas/

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top