Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

EMPOWERING: Tips Memberdayakan Tanpa Sakit Hati

“Anda harus memberdayakan orang dalam tim dan memastikan mereka adalah orang-orang yang jauh lebih baik dari Anda. Dengan begitu Anda akan sukses.” – Jack Ma –

Apakah Anda Ingin Sukses?

Meraih segala apa yang Anda Cita-Citakan?

Kalau Iya, Maka Baca sejenak…

Banyak Manusia Ingin Sukses, mereka saling berkejar-kejaran, meningkatkan penghasilan, meningkatkan kualitas hidup, sekolah tinggi agar mendapatkan pekerjaan yang layak. Jika Anda berpikir bahwa Sukses adalah meningkatkan tingkat penghasilan Anda, ya Anda benar, tapi tidak secara keseluruhan.

Tapi Tidak, Bukan Seperti Itu

Sukses yang LUAR BIASA adalah sukses yang menghasilkan orang-orang sukses setelah Anda. Sukses yang sebenarnya adalah sukses yang mengangkat, meningkatkan kualitas hidup banyak orang. Meningkatkan taraf hidup mereka melalui CARA-CARA YANG LUAR BIASA. Tahukah Anda bahwa Jika Anda Ingin Sukses, Maka Anda hanya HARUS Mensukseskan orang-orang di sekitar Anda?

Bukankah Manusia yang Paling Baik , adalah yang Paling bermanfaat diantara sesama Manusia?

Jack Ma juga menyampaikan untuk mempekerjakan orang-orang yang kemampuannya lebih baik dari kita. Karena dengan begitu, pengetahuan dan usaha Anda akan memiliki potensi berkembang secara beriringan.

 

1.Yakini Prinsip Alam

Hukum kekelan energy menyatakan bahwa apa pun yang kita lakukan akan berbalas sempurna di bumi. Apabila Anda berbuat kebaikan, Anda akan mendapatkan kebaikan. Sebaliknya, apabila Anda berbuat keburukan, Anda akan mendapat balasan keburukan yang sempurna. Tidak tertukar, tidak kurang, dan tidak lebih.

Memberdayakan merupakan energy positif yang bernilain besar dan Anda mendapat jaminan mendapat balasan kebaikan yang sangat besar. Secara spiritual, mendorong orang lain untuk berbuat kebaikan akan berbuah pahala yang sangat besar. Bukan hanya ketika hidup di dunia tetapi juga mendapaktkan pahala pasif yang terus mengalir hingga dunia ini tiada.

 

2. Menaikkan Daya

Ibarat daya listrik dirumah, pertama kali pasang mungkin hanya 900 watt karena di perumahan yang sederhana, daya listrik sebesar itu sudah cukup menerangi seisi rumah dan kebutuhan elektronik yang dirumah seperti televisi, kipas angin, kulkas untuk penyimpanan kebutuhan rumah tangga.

Namun seiring berjalannya waktu, penghuni rumah mempunyai ide berniat memberdayakan ibu-ibu sekitar perumahan untuk membuat oleh-oleh makanan khas daerah tersebut. Agar makanan tahan lama, bisa didistribusikan ke beberapa kota maka makanan dikemas menjadi frozen food. Karna dikemas frozen food maka membutuhkan freezer khusus untuk penyimpanannya. Setiap hari listrik mati karena tidak cukup daya untuk memenuhi kebutuhan.

Agar permasalahannya teratasi, solusinya adalah mengurangi kebutuhan elektronik dirumah atau tambah daya (dengan meteran yang sama atau pasang meteran khusus kegiatan pemberdayaan). Sebagian besar dari Anda pasti memilih menambah daya karena sudah berkomitmen membantu perekonomian warga sekitar, apalagi oleh-oleh makanan yang diproduksi selalu terjual habis.

Karena kebutuhan yang selalu meningkat, tugas kita adalah menaikkan daya, bukan mengurangi. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menaikkan daya. Yang utama tentu mendekatlah kepada Sang pengatur hidup, Allah SWT. Dialah Pemilik semesta. Dia yang paling tahu kebutuhan manusia. Mendekatlah dengan ilmu dan rasa yang diajarkan-Nya kepada manusia.

Mendekat kepada-Nya membuat energi dan daya kita melejit tanpa batas dan bertahan lama. Bukan hanya itu, energi ini juga membuat ketenangan, kebahagiaan, kenyamanan, dan kesadaran agar perilaku kita tidak merusak dunia dan isinya.

Kedua, ambillah pekerjaan yang menantang untuk menaikkan kelas Anda. Jangan terjebak rutinitas tanpa mau “naik kelas”. Untuk melakukan pekerjaan yang menantang, Anda perlu memiliki ilmu dan pergaulan di tingkatan yang lebih tinggi. Maka, belajar dan teruslah berlatih, disertai dengan meningkatkan kualitas pergaulan. Sahabat itu bukan hanya teman cengengesan atau kongkow semata. Perlu ada hal-hal positif menantang yang dikerjakan bersama.

Ketiga, jadilah pengungkit keberhasilan orang lain. Sibuklah mengembangkan orang lain, memberikan panggung kehormatan dan membantu mereka menjadi tokoh di bidang yang mereka tekuni.

 

3. Temukan Bintang

Saat Anda sudah meyakini prinsip alam, daya sudah ditambah, langkah selanjutnya adalah temukan bintang. Tentukan siapa yang akan Anda berdayakan.

Temukan siapa orang yang akan kita support, mau melakukan apa, dan bagaimana bentuk support yang akan kita berikan.

 

Jika ketiga poin diatas sudah dilakukan insyaallah tantangan-tantangan teknis maupun psikologis yang muncul pada proses pemberdayaan lebih mudah untuk diatasi. Buat komitmen bersama Sang Bintang, kuatkan Sang Bintang, dan dukung Sang Bintang, Tanamkan pula pada Sang Bintang agar menjadi orang sukses yang sesungguhnya dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan agar alam semesta ini bertaburan kebaikan

Referensi : Buku A Tribute To Others, Jamil Azzaini

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top