Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

Ketahui Apa Itu Anxiety Disorder dan Cara Pencegahannya Sejak Dini

Apa yang pertama akan muncul dalam benak Anda jika mendengar kata anxiety disorder? Tentu saja pasti berkaitan dengan penyakit, terutama masalah mental, bukan?

Ya, benar. Anxiety sendiri artinya adalah rasa cemas, dan itu sebenarnya wajar dialami oleh setiap orang normal dalam keadaan sehat, sebagai respons pertahanan diri mereka juga saat berada dalam bahaya.

Namun, jika sudah bermasalah dengan rasa panik ini, jadilah anxiety disorder, yaitu sebuah gangguan kecemasan atau rasa panik berlebihan yang sebenarnya disebabkan atau bahkan tidak disebabkan oleh hal-hal yang bisa dikatakan berat.

Kalau seseorang sudah mengalami anxiety disorder, maka orang tersebut masuk dalam kategori mengalami gangguan mental. Tentu saja ini berbahaya sekali jika tidak segera ditemukan solusinya.

Nah, ciri-ciri dari seseorang yang mengalami anxiety disorder itu antara lain adalah:

Kecemasan Berlebihan dalam Waktu Lama

Biasanya orang cemas yang masih dalam tahap wajar adalah ketika merasa gelisah, khawatir, dan panik saat menghadapi suatu masalah, tetapi bisa segera tenang kembali setelah beristirahat atau menemukan solusi atau orang yang dapat menemani dan membantunya menemukan solusi dari masalah yang dihadapi.

Namun, bagi mereka yang mengalami masalah kecemasan karena gangguan mental seperti stres berat atau depresi, maka kegelisahan dan rasa cemas itu akan berubah menjadi sampai berlebihan, tidak mau bertemu orang lain, ketakutan pada hal tertentu, dan parahnya bertahan lama tidak segera hilang.

Fobia

Ketakutan yang berlebihan pada sesuatu ini disebut dengan fobia. Kadang ada yang sampai pingsan ketika harus berhadapan dengan sumber ketakutannya. Salah satu ciri dari gangguan kecemasan atau anxiety disorder ini adalah fobia tersebut.

Menjauh dari Lingkungan Sosial

Gangguan kecemasan juga memiliki ciri khas lain, yaitu penderitanya akan menarik diri dari lingkungan sosialnya karena ketakutan yang tak beralasan. Bahkan, mereka akan benar-benar menghindari orang, dan justru ketakutan saat ada orang mendekati mereka.

Panik Berlebihan

Gejala lain dari kondisi anxiety disorder pada seseorang adalah serangan panik yang berlebihan, bahkan ada yang sampai pingsan juga. Kondisi respons berlebihan ini akan memicu seseorang juga menjadi lebih gampang terkena stres, depresi, bahkan penyakit mental lain yang jauh lebih parah.

Mudah Mengalami Trauma

Seseorang yang mengalami hal pahit dalam hidupnya pasti memiliki kenangan buruk akan hal tersebut, serta berusaha keras agar tidak mengingat atau mengulang hal itu untuk terjadi lagi. Itu normal bagi orang yang dalam keadaan sehat secara mental.

Namun, bagi mereka yang mengalami trauma berat bisa jadi akan memiliki respons lebih parah saat kenangan buruk masa lalu mereka kembali muncul dalam ingatan. Terutama saat mereka terpaksa bersinggungan dengan sumber kenangan pahit tersebut.

Serangan cemas mereka akan sangat berat dan jika hal itu tidak segera diatasi, tentu akan semakin mengganggu kesehatan mental mereka.

Nah, melihat dari beberapa gejala dari anxiety disorder yang cukup berat tersebut, maka dalam rangka tetap menjaga diri Anda dari penyakit mental yang bisa tak hanya merusak kondisi psikologis tetapi juga fisik Anda secara perlahan-lahan, sejak dini memang Anda harus melakukan pencegahannya.

Lalu, apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terkena anxiety disorder itu? Simak tipsnya berikut ini!

Mendekatkan Diri Pada Allah

Hati yang selalu dekat dengan Sang Pencipta akan selalu merasa tenang dan nyaman, karena merasa bahwa Allah dekat dan selalu ada untuk hamba-Nya.

Mendekatkan diri pada Allah dengan tidak melalaikan ibadah wajib, menambah dengan ibadah sunah, banyak berzikir, melakukan tafakur, dan juga senantiasa berjalan di jalan kebaikan yang Allah sukai, adalah cara yang sangat bagus untuk selalu menentramkan hati Anda dan menjauhkan dari rasa gelisah dan cemas yang tak beralasan atau berlebihan.

Banyak berdoa juga kepada Allah, mintalah agar Anda dan keluarga serta orang-orang terkasih Anda dijauhkan dari segala keburukan dalam hidup, terutama salah satunya adalah penyakit mental yang bisa memicu lemahnya fisik Anda.

Meditasi

Melakukan meditasi seperti tafakur, atau olah pernapasan yang rutin setiap hari bisa membantu Anda menenangkan diri dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Saat ada masalah datang melanda, Anda bisa tidak akan mudah merasakan panik, cemas, atau gelisah yang berlebihan, karena sudah terlatih untuk memusatkan konsentrasi dalam meditasi yang rutin Anda lakukan tersebut.

Bercerita Pada Orang Lain Saat Ada Masalah

Carilah orang yang bisa Anda percayai untuk mau menjadi tempat berkeluh-kesah kala masalah datang menghampiri. Jangan pendam sendiri, karena itu bisa menjadi beban berat dan ibarat bom waktu, akan meledak sewaktu-waktu, menjadi stres atau bahkan depresi yang bisa merugikan Anda sendiri.

Jika Anda tak menemukan orang yang tepat di sekitar, bisa langsung ke ahli, seperti psikolog atau psikiater. Mintalah saran pada juga, karena mereka akan lebih mengetahui bagaimana cara membantu Anda untuk bisa lebih tenang saat menghadapi masalah yang berat.

Jangan Mengonsumsi Kafein Berlebihan dan Juga Alkohol

Dalam Islam sendiri, mengonsumsi alkohol memang diharamkan karena minuman tersebut memabukkan dan bisa membuat seseorang hilang akal. Sementara dari kesehatan juga, alkohol bisa menyebabkan seseorang mengalami kecemasan berlebihan meski tak sampai mabuk saat meminumnya.

Begitu pula jika mengonsumsi kafein secara berlebihan, bisa membuat seseorang merasakan cemas atau berdebar-debar yang berlebihan, tak seperti biasanya.

Maka, untuk menghindari anxiety disorder, Anda bisa menghalangi pemicunya dari segi makanan atau minuman masuk dalam tubuh Anda dan memengaruhi kondisi kesehatan fisik maupun mental.

Terapkan Pola Hidup dan Makan yang Sehat

Dengan menerapkan pola makan dan hidup sehat, Anda tak hanya akan menjaga kesehatan fisik, tetapi juga mental. Dengan terjaganya kondisi tubuh tetap fit dan bugar, secara otomatis Anda merasa akan lebih bahagia, tenang, dan terhindar dari berbagai gangguan mental, termasuk anxiety disorder ini.

Rajin Olahraga

Merutinkan olahraga setiap pagi sekitar 10 sampai 15 menit bisa membuat tubuh lebih bugar. Bukan olahraga berat, yang ringan sampai menengah saja. Misalnya seperti jalan kaki memutari kompleks perumahan, joging, bersepeda, atau senam ringan.

Dengan tubuh yang bugar karena sering berolahraga di pagi hari, maka otak juga akan lebih segar dalam berpikir, tubuh pun lebih fit dan bugar dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Kondisi fisik yang prima dapat membantu mental Anda lebih kuat, membuat perasaan Anda lebih tenang dan nyaman dalam menjalani aktivitas, serta saat masalah datang, Anda bisa bersikap dan berpikir lebih tenang. Namun, jika itu sudah terlanjur terjadi, maka kita bisa mengobatinya dengan trauma healing dari Kampoong Hening.

Nah, itulah tadi beberapa informasi tentang apa itu anxiety disorder, gejala, dan juga cara dalam mencegahnya agar jangan sampai Anda mengalami gangguan tersebut. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top