Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

Loving Kindness : Hati Yang Dipenuhi Cinta

LOVING KINDNESS METTA

Ini adalah salah satu dari bagian latihan mindfulness yang aku suka, yaitu meditasi cinta kasih (loving kindness-metta) meditasi ini melatih seseorang untuk menjadi lebih mencintai, peduli dengan diri sendiri dan juga lingkungan di sekitarnya. Meditasi ini juga bermanfaat agar kita menyadari “kehadiran atau keberadaan” diri sendiri sebagai bagian dari alam semesta terus juga kita belajar untuk mencintai tanpa pilih kasih, gak cuma sama yang deket-deket aja hubungannya, tapi juga dengan semua manusia, terus juga membantu kita menjadi merasa damai saat berkonflik.. dan juga bikin sehat.

What Is Love? sebelum berlatih mindfulness loving kindness, yuk kita kenal apa itu cinta biar bisa lebih asik gitu latihannya kita semua pasti punya pengalaman beda-beda tentang cinta juga berbeda memaknai cinta.. ehm dari baca-baca buku, jurnal dan lain-lain aku setuju atau ngikut aja deh hehe (gak punya definisi sendiri soalnya) sama pendapat Jery Jampolsky di buku “Teach Only Love” sama Marget Rueffler di buku tentang psikoterapi transpersonal, sama kata Sidharta Gautama di salah satu artikel internet yang aku baca.

Love is.. cinta adalah potensi dasar manusia, potensi yang paling natural, alami manusia yang dikasih sama Tuhan.. Kalau dari agama Islam kata Bismillahirrahmanirrahim (ayat pertama dari Al Fatihah) juga bermakna tentang Cinta dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang, bahwa cinta itu adalah yang paling awal. So, that’s the power of love semua manusia udah punya potensi cinta dari lahir cinta juga memberi pengaruh terhadap hal-hal kebaikan yang dilakukan oleh manusia, yaitu cinta itu memotivasi manusia untuk berbuat kebaikan.. so kenapa banyak hal-hal yang mau kita lakukan terhadap orang lain? kenapa kita punya rasa peduli ingin menolong? karena ada cinta

SIFAT-SIFAT CINTA:

  1. cinta itu sifatnya PRESENT MOMENT: artinya gak melihat di masa lalu atau masa depan.. maksudnya kalau kita membenci seseorang artinya kita fokus pada masa lalu..masa lalu yang isinya pengalaman gak menyenangkan sama orang lain… kalau fokus sama cinta.. kita akan merasa damai atau memaafkan
  2. cinta itu universal.. gak terbatas sama satu atau dua orang aja, tapi sama semua orang bahkan sama yang berkonflik sama kita.. terus cinta juga gak memandang SARA
  3. Cinta juga berarti menjalin hubungan tanpa pamrih, menerima tanpa syarat (atau menuntut macam-macam sama diri sendiri atau orang lain yang dicintai), memberi penghargaan yang tulus karena tiap orang punya kelebihan dan kekurangan..
  4. cinta juga berarti peduli, aktif berbuat sesuatu untuk hal yang dicintai

THE POWER OF LOVE… cinta bisa membawa pengaruh positif buat hidup kita…ehm ada suatu Eksperimen unik yang dilakukan oleh David McCleland untuk membuktikan kekuatan cinta bagi kesehatan fisik manusia..

EKSPERIMEN I

David McCleland menayangkan film tentang pelayanan yang dilakukan oleh Bunda Theresa seorang biarawati yang membantu masyarakat India yang saat itu kena wabah kusta. mahasiswa diminta untuk menonton bagaimana bunda Theresa melayani masyarakat yang sakit dengan penuh kasih sayang……..so so pak David lalu ngetes kadar kekebalan tubuh mahasiswanya dan hasilnya: dari air liur mahasiswa dicek bahwa kadar immunoglobin A si penghambat munculnya sakit flue meningkat…. ‘

EKSPERIMEN II

Pak David meminta mahasiswanya untuk membayangkan saat mereka memberi dan menerima cinta…hasilnya mendukung eksperimen pertama (sumber: Khoirul Rosyadi, 2000, Cinta dan Keterasingan, penerbit LKis, Yogyakarta) wawww…ternyata cinta bisa membuat kita sehat ya baik fisik maupun mental…ada salah satu teman ku bilang waktu dia sakit dia bisa semangat karena selalu diperhatikan sama ibu…dan kasih sayang ibu membuat dia semangat untuk bangkit ;-))kalau yang satu ini kita semua pasti pernah merasakan kasih sayang ibu dalam hidup kia gimana sih cara meditasinya?? cara meditasi loving kindness so easy

  1. cari posisi yang nyaman buat kita sendiri..mau dalam posisi duduk atau berbaring yang penting nyaman. tutup mata perlahan-lahan sambil cek posisi meditasinya
  2. tarik nafas melalui hidung lalu lepaskan nafas juga dari hidung (ulangi beberapa kali) rasakan saat kita menarik nafas dan rasakan juga saat menghembuskan nafas
  3. sekarang berikan cinta kepada diri sendiri melalui doa: semoga Tuhan memberikan aku kesehatan, kesejahteraan, kedamaian, Tuhan memberikan aku kemudahan dalam setiap urusanku semoga hidupku berarti dan bermakna
  4. sadari nafas lagi…
  5. sekarang bayangkan orang yang memiliki hubungan yang sangat dekat mungkin itu orang tua, anak, kekasih atau siapapun yang dianggap sangat dekat..bayangkan wajah orang itu..berikan senyum sambil doakan semoga Tuhan memberimu kesehatan, kesejateraan, kedamaian, Tuhan memberimu kemudahan dalam setiap urusan, semoga hidupmu berarti dan bermakna
  6. Sadari nafas lagi
  7. sekarang bayangkan seseorang yang hubungannya dekat tapi tidak sedekat orang pertama bayangkan wajah orang itu..berikan senyum sambil doakan semoga Tuhan memberimu kesehatan, kesejateraan, kedamaian, Tuhan memberimu kemudahan dalam setiap urusan, semoga hidupmu berarti dan bermakna
  8. sekarang bayangkan seseorang yang berkonflik dengan kita..bayangkan wajah orang itu sambil sadar pikiran dan perasaan yang muncul kepada orang itu…lepaskan pikiran dan perasaan yang mengganggu..bayangkan wajah orang itu..berikan senyum sambil doakan semoga Tuhan memberimu kesehatan, kesejateraan, kedamaian, Tuhan memberimu kemudahan dalam setiap urusan, semoga hidupmu berarti dan bermakna
  9. sekarang bayangkan seseorang yang tidak terlalu dekat hubungannya, mungkin kita cuma satu-dua kali aja bertemu sama dia..bayangkan wajah orang itu..berikan senyum sambil doakan semoga Tuhan memberimu kesehatan, kesejateraan, kedamaian, Tuhan memberimu kemudahan dalam setiap urusan, semoga hidupmu berarti dan bermakna 10. kita tinggal di dunia ini yang saat ini banyak kejadian-kejadian yang menyenangkan atau kurang menyenangkan…ada yang sejahtera ada juga yang sedang sakit, mengalami kesulitan hidup dll..doakan agar dunia ini damai, sejatera dan diberkati oleh Tuhan
  10. Latihan ini berakhir tetap sadari nafas..berikan penghargaan kepada diri sendiri yang sudah bersedia berlatih meditasi ini.semoga latihan ini memberikan manfaat dan kebaikan Amiin 12. Buka mata perlahan-lahan oke -oke selamat berlatih ya rasakan manfaat THE POWER OF LOVE dalam hidup kita semua Amiinn….

(dari modul pelatihan mindfulness untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis)

with LOVE

LOVING KINDNESS-METTA

sumber: https://ahappinessroom.wordpress.com/2010/07/17/mindulness-loving-kindness/

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top