Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

Inilah 5 Manfaat Meditasi dengan Teknik Mindfulness Meditation

Dalam kehidupan ini, setiap manusia pastinya tak bisa lepas dari masalah yang datang. Selain Allah datangkan masalah sebagai salah satu bentuk ujian bagi hamba-Nya, juga sebagai alarm peringatan agar manusia ingat bahwa ada Allah yang selalu mengawasi mereka.

Maka, ketika menghadapi masalah dalam kehidupan ini, setiap hamba harusnya ingat untuk kembali kepada Allah, mengevaluasi diri apakah selama ini ibadahnya sudah benar atau belum, dan apakah memang saat masalah atau kesulitan melanda, mereka akan memohon pertolongan dan kemudahan kepada Allah atau selain-Nya.

Masalah-masalah dalam kehidupan yang datang tersebut juga bisa sebagai sarana yang tepat bagi seorang manusia untuk belajar lebih dewasa dalam bersikap dan berpikir. Menjadikan masa lalu sebagai pelajaran, agar di masa depan hal yang buruk tidak terulang kembali.

Namun, wajar saja bagi seorang manusia apabila saat masalah datang dalam hidupnya maka akan merasakan kesedihan, luka, dan berbagai emosi negatif yang akhirnya menjadikan mereka stres atau bahkan depresi.

Sampai akhirnya, gangguan pada psikologis tersebut dapat memengaruhi kondisi imun orang tersebut, dan ketika daya tahannya menurun, maka seseorang akan mudah jatuh sakit, karena kondisi fisiknya yang ikut melemah.

Itulah mengapa, sebelum stres berlanjut semakin parah hingga menjadi depresi atau bahkan gangguan psikologis berat yang lain, maka seseorang yang menyadari dirinya tengah dilanda stres, harus segera tanggap untuk mengatasinya.

Nah, salah satu cara untuk menghilangkan stres sendiri adalah dengan melakukan meditasi. Apa itu meditasi?

Meditasi adalah sebuah metode relaksasi yang berfungsi untuk menggabungkan konsentrasi dan fokus pikiran seseorang. Meditasi juga akan mampu memberikan rasa tenang, tenteram, dan nyaman.

Ada banyak teknik dalam meditasi sendiri. Salah satunya adalah mindfulness meditation. Sebuah teknik meditasi yang fokus pada keadaan di sekitar dan emosi yang sedang dirasakan. Salah satu contohnya adalah dengan tafakur, duduk diam, tenang, dan kemudian mengatur napas dengan baik, agar bisa memusatkan konsentrasi dengan benar.

Mindfulness meditation ini adalah teknik meditasi yang paling mudah dan bisa dilakukan siapa pun. Namun, tak semua orang yang tengah mengalami gangguan mental dapat kembali mendapatkan ketenangan batin setelah menjalani meditasi jenis ini.

Sebab, mindfulness meditation kurang bisa dilakukan untuk membantu penyembuhan penyakit mental dengan level berat. Beberapa gangguan mental yang masih bisa diatasi dengan teknik mindfulness meditation ini salah satunya adalah stres.

Mindfulness meditation juga bisa dilakukan oleh orang yang tidak mengalami gangguan mental, tetapi ingin mendapatkan ketenangan batin lebih kuat dan merasa lebih tenteram.

Beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh seseorang yang menjalani mindfulness meditation di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Membantu Memperbaiki Pola Tidur

Unsplash

Pola tidur seseorang yang buruk jelas akan memengaruhi kondisi fisiknya. Biasanya, pola tidur yang tidak baik ini terjadi karena ada gangguan psikologis pada orang tersebut. Seperti kondisi stres, depresi, dan gangguan mental lain.

Pola tidur buruk ditandai dengan durasi tidur yang sangat kurang atau berlebihan, dan jelas ini akan membuat kualitas tidur menjadi sangat rendah.

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari mindfulness meditation adalah memperbaiki pola tidur karena kondisi fisik dan psikologis yang kurang baik.

Dengan kondisi jiwa serta pikiran yang tenang karena efek dari menjalani mindfulness meditation, maka akan merangsang sekresi hormon serotonin dan melatonin yang berpengaruh juga pada rangsangan mengantuk pada seseorang, sehingga akan lebih mudah mengatur kembali pola tidurnya menjadi lebih seimbang.

2. Membantu Menguatkan Konsentrasi

Pada dasarnya meditasi sendiri berfungsi untuk menguatkan daya konsentrasi seseorang. Apalagi dengan teknik mindfulness meditation yang memang memfokuskan diri pada keadaan di sekitar dan emosi yang sedang dirasakan.

Konsentrasi diri memang membutuhkan emosi yang stabil dan juga mampu memusatkan pikiran dan hati pada kondisi yang tengah dialami. Maka, seseorang yang menjalani teknik meditasi mindfulness dengan benar dan rutin akan mendapatkan manfaat salah satunya berupa daya konsentrasi yang bagus pada dirinya. Salah satu kelas yang bisa kamu ikuti untuk mempelajari ini adalah Silent Mindful Listening.

Tentu saja hal tersebut sangat bermanfaat sekali bagi kehidupan. Sebab, seseorang yang memiliki daya konsentrasi bagus tidak akan cepat mengalami pikun di usia senjanya, serta juga tidak akan menjadi seseorang yang pelupa.

3. Membantu Mengatasi Fobia

Apakah Anda termasuk orang yang memiliki ketakutan pada suatu benda, hewan, atau keadaan tertentu yang cukup berlebihan? Jika iya, maka Anda masuk dalam kategori orang yang mengalami fobia.

Dengan menjalani meditasi teknik mindfulness ini, Anda bisa pelan-pelan mengurangi fobia pada sesuatu, karena meditasi akan membuat Anda lebih tenang dalam berpikir dan mampu mengatur emosi dengan lebih stabil.

Fobia yang dialami seseorang sesungguhnya memang berawal dari pikiran ketakutan yang berlebihan karena kondisi tidak tenang, dan emosi yang kurang stabil. Maka, ketika emosi dan pikiran sudah mencapai titik stabil, pelan-pelan fobia itu akan bisa Anda kalahkan.

4. Membantu Lebih Khusyu’ dalam Ibadah

Mindfulness meditation dalam Islam bisa juga masuk dalam ranah tafakur, yaitu ketika seseorang duduk diam dan tenang, mengatur napas dengan baik, dan mencoba melihat keadaan sekitar dengan lebih terbuka dengan memfokuskan pikiran serta menstabilkan emosi.

Ketika emosi seseorang mulai stabil dan pikirannya tenang, maka dia akan mulai bisa menerima apa pun yang telah Allah berikan, dan memperbanyak syukur serta istighfar.

Kondisi itu juga mampu membuka hati untuk lebih ikhlas dalam menjalani hidup, sehingga membentuk suasana khusyu’ dalam diri saat menjalankan ibadah apa pun kepada Allah.

Ketika seseorang sudah menjalankan ibadahnya pada Allah dengan khusyu’, maka ketika Allah belum mengabulkan atau masih menunda permintaannya, dia akan ikhlas dan bersabar. Sebab, dia telah memiliki keyakinan bahwa Allah akan memberi apa yang hamba-Nya butuhkan, bukan yang diminta oleh hamba-Nya.

5. Membantu Mengolah Pernapasan

Unsplash

Mindfulness meditation yang juga dilakukan dengan mengatur napas akan membantu Anda untuk lebih mudah dalam mengolah pernapasan dalam menjalani aktivitas harian.

Pernapasan yang baik akan membantu membuat kondisi fisik lebih bugar, juga membuat Anda lebih mudah mengontrol emosi. Apabila Anda dalam kondisi marah atau sakit hati yang bisa memicu datangnya stres, dengan olah pernapasan yang baik, Anda bisa mengendalikan hal-hal tersebut sehingga tidak keluar sebagai emosi yang negatif.

Selain itu, olah pernapasan juga membantu Anda untuk bisa lebih tenang dan fokus dalam menjalani aktivitas harian. Seseorang yang memiliki fokus tinggi dalam konsentrasi, akan terhindar dari sifat pelupa.

Itulah 5 manfaat baik yang bisa Anda dapatkan dari menjalankan meditasi dengan teknik mindfulness meditation. Tidak hanya Anda yang sedang mengalami stres atau masalah psikologis lain, tetapi bagi Anda yang sedang dalam kondisi mental bagus juga dapat melakukannya dengan rutin. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top