Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

Membangun Kecerdasan Emosional untuk Mencapai Puncak Prestasi

Prestasi seringkali dikaitkan hanya dengan kemampuan dan kecerdasan intelektual saja. Namun nyatanya, kecerdasan emosional untuk mencapai puncak prestasi juga sangat diperlukan. Kecerdasan intelektual dan emosional sama-sama saling berpengaruh.

Kedua jenis kecerdasan ini saling bersinergi dalam diri seorang individu untuk menjadikannya manusia yang unggul. Tanpa kecerdasan emosional, seorang individu akan tumbuh menjadi seseorang yang egois, pemarah, kaku dan semacamnya. Hal ini hanya akan menjadi penghalang bagi tercapainya sebuah prestasi.

Pentingnya Kecerdasan Emosional untuk Mencapai Puncak Prestasi

Mengapa kecerdasan emosional sangat penting bagi seseorang? Karena kecerdasan emosional berperan penting dalam pembentukan kepribadian seseorang. Bagaimana perilaku dan karakter individu ditentukan oleh level kecerdasan emosionalnya.

Berikut ini adalah penjelasan mendetail mengapa kecerdasan emosional menjadi hal penting demi tercapainya sebuah prestasi. Diantaranya adalah:

  1. Memahami Kelebihan dan Kekurangan

Orang dengan kecerdasan emosional tinggi akan sangat mengenali dirinya sendiri. Dia tahu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dirinya. Dia tahu ke mana bakat dan minta terarah.

Dengan mengetahui kemampuan diri, individu ini akan lebih mudah menentukan tujuan. Dia hanya tinggal melakukan apa yang disukainya dengan lebih intensif dan mendalam. Contohnya jika suka melukis namun membenci matematika.

  1. Kemampuan untuk Memfokuskan Diri

Setelah mengetahui kemampuan diri, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memfokuskan diri untuk mendalami minatnya. Seperti contoh diatas, jika suka melukis maka luangkan waktu lebih banyak untuk belajar melukis.

Orang dengan kecerdasan emosional yang baik akan mampu memfokuskan pikirannya saat sedang melakukan sesuatu. Mereka tidak mudah terganggu atau teralihkan perhatiannya.

  1. Kemampuan untuk Mengontrol Diri

Di samping itu, individu dengan kecerdasan emosional yang tinggi juga orang yang mampu mengontrol diri. Mereka memahami bagaimana harus mengidentifikasikan emosi atau perasaannya.

Contohnya bagi anak yang suka melukis. Ada kalanya kebosanan menimpa seseorang yang terus menerus melakukan hal yang sama meskipun hal itu adalah kesukaannya. Mereka akan sedikit bermain-main untuk mencairkan suasana.

Meskipun demikian, mereka akan kembali fokus dan mengontrol dirinya dari berbuat hal-hal yang negatif. Mereka mampu meredam emosi dan menahan gejolak dan keinginan hati pada kegiatan yang merugikan diri sendiri. Inilah fungsi kecerdasan emosional yang tinggi.

  1. Tidak Mudah Hanyut dalam Emosi

Individu yang cerdas emosionalnya adalah individu yang bisa mengatur atau mengontrol emosinya. Mereka tidak mudah terhanyut dalam emosi sesaat dan melupakan tujuannya.

Amarah juga tidak menjadi karakter mereka. Perlu diketahui bahwa amarah adalah hal yang buruk baik bagi diri sendiri ataupun bagi orang lain. Amarah hanya akan membuat pelakunya menyesali hal-hal negatif yang dilakukannya saat marah.

Inilah hal penting tentang bagaimana kecerdasan emosional untuk mencapai puncak prestasi. Bagi Anda yang ingin memiliki kecerdasan emosional yang baik, silahkan bergabung dengan Kampoong Hening. Tempat ini adalah tempat pelatihan kesehatan mental yang didesain secara lugas dan tidak kaku.

Di Kampoong Hening, Anda akan menemukan banyak terapis dan konselor ahli serta berpengalaman. Mereka akan membimbing Anda menuju jalan kesuksesan dengan cara membentuk dan meningkatkan kecerdasan emosional Anda.

Pada dasarnya, Kampoong Hening didesain seperti sebuah villa atau penginapan. Di sini, Anda bisa menikmati hijaunya alam sekitar untuk menyejukkan hati dan mengembalikan kejernihan hati dan pikiran Anda. Metode ini disebut dengan eco healing.

Metode ecohealing memanfaatkan alam sekitar yang masih hijau dan asri. Melakukan berbagai macam aktivitas untuk merangsang tumbuhnya kecerdasan emosional dalam diri Anda.

Tempat ini adalah tempat yang paling tepat dalam pembuktian bahwa kecerdasan emosional untuk mencapai puncak prestasi adalah benar. Jadi, jangan tunda lagi untuk mengunjungi Kampoong Hening.

 

 

 

Scroll to Top