Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

Pengertian Kecerdasan Emosional serta Ciri Individu Terbaiknya

Sering kita mendengar tentang istilah kecerdasan emosional dalam kehidupan sehari-hari. Namun, apakah kita benar-benar memahami pengertian kecerdasan emosional itu sendiri? Apakah kecerdasan emosional ada hubungannya dengan kecerdasan otak? Atau kecerdasan emosional sama dengan kesehatan mental? Untuk informasi lebih lengkap, mari kita simak uraian tentang kecerdasan emosional dari berbagi sisi.

Pengertian Kecerdasan Emosional yang Perlu Dipelajari

Pengertian kecerdasan emosional adalah kemampuan seorang individu dalam mengelola hubungan, karir dan kesuksesannya. Pengertian ini sebenarnya cukup sederhana, namun cukup sulit dan kompleks ketika harus dijelaskan.

Pada dasarnya, kecerdasan emosional adalah kemampuan diri dalam mengelola emosi dan perasaan. Bagaimana kita mengenali bentuk-bentuk emosi, merespon dengan benar, dan menggunakan informasi tertentu untuk membangkitkan emosi.

Seseorang dengan kecerdasan emosional yang tinggi memiliki kemampuan untuk memahami eksistensi dirinya di alam semesta ini. Mereka memahami posisi dan perannya di dalam lingkungan baik dari yang paling kecil hingga paling luas.

Dengan demikian, individu dengan kecerdasan emosional mampu membawa dirinya dengan benar. Mampu menempatkan dirinya sesuai dengan situasi dan kondisi yang dibutuhkan. Tidak bersikap semena-mena, acuh dan masa bodoh terhadap keadaan yang terjadi di luar dirinya.

 

Ciri Individu dengan Kecerdasan Emosional Tinggi

Setelah mengetahui pengertian kecerdasan emosional, kini kita akan mempelajari karakter seseorang dengan kecerdasan emosional tinggi. Diantaranya adalah :

  1. Mampu Mengelola Emosi Sendiri

Yang dimaksud mampu mengelola emosi sendiri adalah bahwa individu tersebut bisa mengontrol emosi. Emosi tidak selalu berhubungan dengan amarah. Contoh-contoh dari emosi adalah bahagia, sedih, jijik, marah, terkejut, kecewa dan marah.

Emosi muncul jika ada aksi yang timbul dari luar tubuh. Singkatnya, emosi adalah reaksi yang dikeluarkan oleh tubuh kita terkait sebuah peristiwa tertentu. Kita bisa marah saat orang tiba-tiba memukul tanpa alasan. Kita menangis melihat sesuatu hal yang menyedihkan. Inilah bentuk emosi yang dialami oleh seorang individu.

Seseorang dengan kecerdasan emosional tinggi memiliki kemampuan untuk mengelola emosi. Tangisan sedih akan disudahi jika hati terasa lebih tenang. Bahagia dapat ditutupi saat melihat teman sedang berduka. Inilah contoh mengelola emosi sendiri.

  1. Mampu Mengidentifikasi Emosi Tertentu

Pengertian kecerdasan emosional juga mencakup pengenalan tentang emosi yang dialami oleh orang lain. Kita bisa menyadari emosi yang dirasakan oleh orang lain. Kita tahu bahwa teman dengan mata sembab berarti baru saja mengalami kesedihan.

Mampu mengidentifikasi emosi diri sendiri dan orang lain adalah kemampuan dari kecerdasan emosional. Orang yang kecerdasan emosionalnya rendah seringkali nampak abai akan emosi orang lain. Hal ini bisa jadi karena kemampuan mengidentifikasi emosinya kurang.

 

  1. Mampu Menangani Emosi Orang Lain

Kemampuan terakhir bagi individu yang kecerdasan emosionalnya tinggi adalah mampu menangani emosi orang lain. Kita bisa menenangkan orang yang menangis sedih. Kita bisa ikut bahagia melihat orang lain tersenyum. Ini adalah bentuk kemampuan menangani emosi orang lain.

Kemampuan dan kecerdasan emosi tidak bisa muncul begitu saja. Setiap manusia memang memiliki emosi. Mereka bisa sedih, senang, kecewa dan terluka. Namun dengan kecerdasan ekonomi yang baik, kita dapat menangani segala macam bentuk emosi manusia.

 

Bagi Anda yang ingin melatih kesehatan dan kecerdasan emosi dengan baik, datang saja ke Kampoong Hening. Tempat ini adalah tempat yang paling tepat untuk menyendiri dan menjernihkan pikiran.

Kampoong Hening menjadi tempat yang ideal untuk membangun dan membentuk mental yang baik. Sesuai pengertian kecerdasan emosional di atas, seorang manusia sangat membutuhkan mental dan emosi yang sehat. Karena itulah, Anda diundang ke sini. Miliki mental yang kuat dan sehat serta kecerdasan emosional yang peka terhadap lingkungan dan diri sendiri.

Scroll to Top