Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

Ragam Manfaat Afirmasi Positif Sebelum Tidur

Sahabat, apa yang sering Anda lakukan sebelum menutup mata di malam hari? Apakah Anda sudah menyusun rencana untuk keesokan harinya? Ataukah justru Anda membiarkan diri terlelap tanpa melakukan apa pun mempersiapkan hari esok?

Jika memang selama ini Anda membiarkan waktu sebelum tidur terlewati begitu saja tanpa memberikan hal positif pada diri atau menyusun rencana untuk menghadapi hari esok, maka ubahlah kebiasaan itu mulai sekarang.

Ada ragam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari memberikan semangat dan merencanakan hal-hal positif untuk diri Anda di waktu sebelum tidur, agar esok hari berjalan lebih baik dari hari-hari sebelumnya. Tentu saja, jika setiap hari berganti selalu ada perubahan positif di dalamnya, maka masa depan sukses yang Anda cita-citakan juga bisa diraih dengan lebih mudah.

Nah, salah satu cara untuk memberikan semangat pada diri Anda sendiri, sehingga bisa menjadi perubahan yang baik ke depannya, adalah dengan memberikan afirmasi positif pada diri.

Melakukan afirmasi positif sebelum tidur adalah langkah yang bagus untuk memberikan suasana hati lebih baik sebelum mengakhiri hari, dan ketika bangun esok harinya, Anda akan lebih merasa segar karena sugesti positif itu tetap terbawa di hari baru yang Anda jalani selanjutnya.

Afirmasi positif sendiri adalah pernyataan bernilai positif yang berulang kali disampaikan pada diri sendiri demi untuk menghilangkan hal-hal negatif yang dapat memengaruhi kesehatan mental maupun fisik seseorang di kehidupannya.

Banyak sekali manfaat yang akan bisa Anda dapatkan jika memberikan afirmasi positif sebelum mengakhiri hari Anda, waktu terbaik dalam melakukan hal tersebut memang adalah sebelum tidur. Sebab, kata-kata positif yang Anda ucapkan akan menancap kuat dalam memori, yang akan dapat terus Anda ingat, meskipun di bawah alam sadar sekalipun.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat dari melakukan afirmasi positif sebelum tidur bagi kesuksesan hidup Anda di masa depan:

1. Membuat Mental Jauh Lebih Stabil dan Terhindar dari Gangguan Psikologis

Afirmasi positif yang selalu Anda lakukan sebelum tidur bisa menguatkan psikologis Anda dan tentu saja jika kondisi psikologis seseorang stabil dan kuat, maka dia akan terhindar dari gangguan mental, terutama kondisi stres dan depresi yang rawan menyerang tatkala seseorang merasa jenuh dengan rutinitas atau saat masalah datang melanda.

Katakan pada diri Anda sendiri kata-kata penyemangat sebelum mengakhiri hari dan saat akan tidur, bisa setelah Anda berdoa kepada Allah, atau sebelumnya. Seperti misalnya: “Hari ini aku sudah melakukan pekerjaan dengan seluruh kemampuan yang kumiliki. Aku harus bisa menghargai hasil jerih payahku ini, dan percaya bahwa hasil tak akan pernah mengkhianati usaha. Selama aku ikhlas dan mendedikasikan diriku dalam menjalani hari-hari karena Allah, maka aku yakin pasti Allah akan terus melindungi setiap langkahku.”

Kata-kata positif kepada diri yang disertai semangat serta kepercayaan bahwa Allah selalu hadir dalam setiap apa yang Anda lakukan, bahwa Dia akan selalu melindungi hamba-Nya, akan terekam kuat dalam memori Anda.

Semakin sering afirmasi positif seperti itu Anda lakukan, terlebih di waktu sebelum tidur di mana otak Anda akan merekamnya sampai alam bawah sadar, maka kepercayaan diri Anda akan semakin besar. Anda akan lebih mampu dalam menjalani kehidupan dengan segala tantangannya, serta saat masalah datang melanda, Anda akan lebih siap menghadapinya dengan penuh kesabaran dan ketenangan.

2. Fisik Juga Jauh Lebih Sehat

Ketika kondisi mental Anda stabil dan kuat, maka otomatis kondisi fisik Anda juga bisa terjaga untuk semakin tangguh dalam menjalankan aktivitas harian. Sebab, kesehatan fisik berbanding lurus dengan kesehatan mental seseorang.

Apabila mentalnya sakit, maka akan memengaruhi kondisi fisiknya juga, pun sebaliknya. Penyakit fisik seperti maag, tipes, diabetes, gagal ginjal, hipertensi, dan sejenisnya itu bisa menyerang seseorang yang menerapkan pola hidup dan makan tidak sehat.

Tentu saja pola makan dan hidup yang tidak sehat bisa saja dilakukan seseorang tatkala kondisi mentalnya sedang bermasalah, seperti karena sedang mengalami kondisi stres, depresi, atau bahkan gangguan mental yang jauh lebih berat.

Dengan afirmasi positif setiap sebelum tidur, bisa pelan-pelan kembali menguatkan mental Anda untuk mendukung kekuatan fisik juga. Katakan kepada diri Anda di depan cermin sebelum berbaring di ranjang dengan kalimat ini misalnya: “Aku yakin akan mampu menjalani hari esok dengan jauh lebih baik dari hari ini dan sebelumnya.

3. Lebih Menghargai Diri Sendiri dan Tidak Membandingkan dengan Orang Lain

Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan atau bahkan kekalahan dalam satu titik perjalanan hidupnya. Ada yang pernah gagal saat berjuang dalam memulai bisnisnya di bidang tertentu, ada yang ikut kompetisi dan berakhir dengan kekalahan, dan sebagainya.

Maka, jangan pernah bersedih saat Anda sedang dalam keadaan yang demikian. Sebab, kekalahan atau gagalnya perjuangan Anda dalam meraih sesuatu, bisa jadi adalah jalan yang akan menjadi cambuk untuk Anda lebih tangguh dalam usaha selanjutnya.

Afirmasi positif yang dilakukan sebelum tidur dengan mengatakan kalimat seperti ini misalnya: “Tak apa saat ini aku belum berhasil meraih apa yang aku impikan, bisa jadi keberhasilan itu sudah di depan mata dan tinggal sedikit bisa kuraih. Maka, aku harus kuat dan tangguh, serta menjadikan kegagalan ini sebagai pelecut semangat untuk berusaha lebih kuat lagi!” Dapat memberikan sugesti positif bahwa Anda memiliki kemampuan dalam diri dan tidak perlu minder dengan orang lain.

Saat kepercayaan pada kemampuan diri sendiri sudah terbangun, maka Anda tak akan lagi membandingkan sosok Anda dengan orang lain, terutama memandang pesimis diri Anda sendiri.

4. Lebih Banyak Bersyukur Kepada Allah

Afirmasi positif yang sering Anda lakukan sebelum tidur juga mampu memberikan rasa rileks, serta membuka hati Anda dengan lebih lebar, bahwa segala yang telah Anda miliki dalam hidup ini tak lepas dari kuasa Allah.

Maka, Anda akan menjadi lebih banyak bersyukur dan berusaha untuk lebih dekat dengan Allah, untuk bisa lebih banyak mendapatkan kekuatan dalam menjalani hari-hari selanjutnya.

Katakan kalimat motivasi pada diri sendiri seperti ini misalnya: “Aku yakin dapat melewati masalah demi masalah, karena Allah selalu ada bersamaku dan setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.” Itu akan membuat Anda lebih tenang saat sedang mendapatkan ujian berupa sebuah masalah dari Allah.

5. Mencegah Perilaku Negatif

Kekuatan positif yang Anda bangun dalam diri otomatis akan menggeser hal-hal negatif yang selama ini sering Anda lakukan baik secara sadar maupun tidak.

Misalnya, Anda selama ini selalu berprasangka negatif pada orang lain, bahkan kepada Allah sekalipun. Maka, dengan afirmasi positif yang sering Anda lakukan sebelum mengakhiri hari, Anda pelan-pelan akan merasa lebih tenang, nyaman, dan hanya dipenuhi oleh pikiran positif. Bisa dibilang, ini merupakan trauma healing mandiri yang bisa kita terapkan sehari-hari.

Pikiran positif tentu saja akan merangsang diri Anda untuk melakukan perbuatan yang positif juga. Maka, hal-hal negatif yang selama ini sering Anda lakukan bisa pelan-pelan hilang dan tergantikan.

Nah, itulah tadi lima manfaat luar biasa dari melakukan afirmasi positif sebelum tidur dan beberapa contoh kalimat motivasi diri sendiri untuk Anda. Semoga bermanfaat dan bisa Anda aplikasikan sebagai salah satu upaya untuk berjuang meraih kesuksesan di masa depan dan terhindar dari masalah kesehatan baik fisik maupun mental.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top