Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

Tips Mengobati Gangguan Kesehatan Mental Penyalahgunaan Narkoba

Tidak ada orang yang secara sadar ingin mengalami kecanduan narkoba. Meskipun demikian, gangguan kesehatan mental penyalahgunaan narkoba ini tidak dapat dihindarkan. Beragam kasus penyalahgunaan narkoba bisa kita lihat dan dengar setiap hari.

Pelakunya tidak hanya dari kalangan orang dewasa saja, remaja dan anak-anakpun banyak yang terjatuh dalam jerat narkoba. Tentu saja, hal ini semakin mengkhawatirkan karena candu narkoba dapat menular dengan begitu mudahnya.

 

Cara Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental Penyalahgunaan Narkoba

Terjatuhnya seseorang dalam nikmat penggunaan narkoba disebabkan oleh banyak hal. Permasalahan pribadi, pengaruh lingkungan, rasa penasaran dan lain sebagainya bisa menjadi faktor atau latar belakang seseorang menyentuh zat adiktif ini.

Narkoba adalah jenis obat yang sangat berbahaya dan menimbulkan efek kecanduan bagi pemakainya. Semakin sering pemakainya mengonsumsi narkoba, maka akan semakin sulit untuk melepaskannya.

Terlepas dari apapun alasannya, seseorang yang sudah mulai berkenalan dengan narkoba jelas mengalami gangguan kesehatan mental penyalahgunaan narkoba. Saat candunya semakin akut, dosis pemakaiannya akan semakin tinggi dan berakibat membahayakan kesehatan fisiknya.

Meskipun demikian, selalu ada cara untuk bisa melepaskan diri dari kecanduan narkoba tahap awal. Secara umum, bisa dilakukan 4 cara berikut untuk mengatasinya, yaitu :

 

  1. Pemeriksaan

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah pemeriksaan gangguan kesehatan mental penyalahgunaan narkoba. Perlu diketahui sejauh apa tingkat kecanduan yang telah dialami seseorang. Tahap ini juga untuk mempelajari efek yang mungkin ditimbulkan dari pemakaian narkoba tersebut.

 

  1. Proses Pembuangan Racun atau Detoksifikasi

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah pembersihan racun narkoba dari dalam tubuh atau detoksifikasi. Proses ini cukup sulit meskipun pasiennya masih dalam tahap awal kecanduan narkoba karena obat ini memiliki efek luar biasa terhadap tubuh.

 

  1. Stabilisasi

Langkah pengembalian kesehatan mental akibat penyalahgunaan narkoba selanjutnya adalah proses stabilisasi. Di sini, pasien akan disembuhkan dan dipulihkan dari ketergantungan obat ke dalam kehidupan normal mereka.

 

Dalam proses stabilisasi, dibutuhkan peran keluarga dan lingkungan untuk mendukung keberhasilannya. Mereka harus membantu mengawasi dan mengontrol semua aktivitas yang dilakukan oleh pasien demi menghindari bersentuhan kembali dengan narkoba.

 

  1. Pengelolaan Aktivitas

Langkah rehabilitasi narkoba berikutnya adalah pengelolaan aktivitas dan mengembalikan kehidupan normal mereka. Pasien dilatih untuk kembali beraktivitas seperti sebelum mereka bersentuhan dengan obat-obatan terlarang ini.

 

Rehabilitasi di Kampoong Hening

Salah satu upaya menyembuhkan seseorang dari dampak ketergantungan narkoba adalah menempatkannya di tempat khusus rehabilitasi. Salah satu tempat yang paling tepat adalah Kampoong Hening. Tempat ini dirancang khusus bagi mereka yang ingin keluar dari gangguan kesehatan mental penyalahgunaan narkoba.

Kampoong Hening adalah sebuah penginapan, villa atau cottage yang berlokasi di Jawa Barat. Tempatnya didesain dengan sangat alami serta kondisi lingkungan yang masih sangat asri. Pasien ketergantungan narkoba akan merasakan suasana yang damai dan tenteram di sini.

Selain menyediakan tempat yang nyaman, Kampoong Hening juga didukung oleh beberapa tenaga terapis dan konselor berpengalaman. Mereka akan membantu para pecandu narkoba untuk mendapatkan kehidupan normal mereka kembali.

Para terapis dan konselor ini menerapkan metode ecohealing dimana pasien akan diajarkan cara untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Mereka akan belajar bagaimana cara mengatasi dan mengontrol supaya tidak berbuat kerusakan pada dirinya sendiri.

Hal-hal negatif yang membuat para pasien jatuh dalam bencana narkoba akan diubah menjadi sebuah sumber energi positif. Sebuah energi yang bermanfaat supaya bisa dipergunakan sebagai semangat untuk hidup yang jauh lebih baik.

Gangguan kesehatan mental penyalahgunaan narkoba memang sesuatu hal yang membahayakan. Karena sekali Anda menyentuhnya, godaan untuk memakainya akan terus berdatangan. Oleh sebab itu, jika nampak gejala awal gangguan kesehatan mental pada diri dan keluarga terdekat, Kampoong Hening adalah tempat yang tepat untuk Anda kunjungi.

Scroll to Top