Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

Tips Meningkatkan Kondisi Mental Karyawan untuk Produktivitas Tim

Kesehatan mental karyawan adalah hal yang harus diperhatikan oleh managemen atau pemilik perusahaan. Karenanya, banyak pengusaha yang berusaha meningkatkan kondisi mental karyawan untuk produktivitas tim.

Kesehatan mental karyawan yang rendah bisa menjadi boomerang bagi perusahaan. Kinerja dan produktivitas mereka jadi rendah dan bisa mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. Kabar baiknya, kini sudah banyak agenda tentang cara-cara meningkatkan kesehatan mental karyawan di tempat kerja.

 

Cara Meningkatkan Kondisi Mental Karyawan untuk Produktivitas Tim

 Bagi Anda pemimpin atau pemilik perusahaan, menjaga kesehatan mental karyawan adalah hal yang penting. Dalam dunia kerja, tekanan pekerjaan yang sering kali muncul tanpa terduga hanya bisa diatasi dengan mental karyawan sekuat baja. Karyawan yang bermental rendah umumnya akan mudah menyerah dan hengkang dari tekanan-tekanan kerja berat.

Oleh sebab itu, membentuk kesehatan mental karyawan yang sehat dan kuat, perlu dukungan sepenuhnya dari pemimpin atau pemilik perusahaan. Bagai simbiosis mutualisme, karyawan yang sehat dan bahagia akan mencintai perusahaan yang telah memberikan mereka tempat untuk mencari nafkah.

Berikut ini adalah cara meningkatkan kondisi mental karyawan untuk produktivitas tim yang lebih baik dan solid. Diantaranya adalah:

 

  1. Menyuarakan Pentingnya Kesehatan Mental

Kesehatan mental seringkali dianggap hal yang tabu untuk dibahas. Banyak orang yang menganggap ilmu kesehatan mental hanya berkutat antara orang stress dan gila. Padahal, kesehatan mental sangat penting untuk diketahui dan dipahami oleh setiap individu.Oleh sebab itu, jangan menghindari masalah kesehatan mental. Bagaimanapun juga, sediakan wadah dan tempat untuk membicarakan dan mengenal pentingnya kesehatan mental karyawan. Setidaknya, berikan masukan terkait manajemen stress dan masalah kesehatan mental lainnya supaya karyawan bisa menghadapinya.

Anda juga bisa membuat sebuah program pelatihan kesehatan mental untuk karyawan. Pelatihan ini penting untuk membuat mereka menyadari arti kesehatan mental. Anda juga bisa menawarkan untuk memberikan tunjangan kesehatan mental apabila dibutuhkan.

 

  1. Ciptakan Suasana Tempat Kerja yang Sehat

Menciptakan lingkungan kerja yang aman dan ramah adalah salah satu cara meningkatkan kondisi mental karyawan untuk produktivitas tim. Pemimpin yang bisa diandalkan adalah pemimpin yang membuat karyawannya merasa tenang.

Jangan biarkan lingkungan kerja Anda menjadi tempat yang seram, banyak tekanan, saling sikut dan tidak fair. Kondisi yang buruk seperti ini sangat rawan memicu timbulnya gangguan kesehatan mental bagi karyawan.

 

  1. Ciptakan Kesempatan bagi Karyawan untuk Mengurangi Stress

Dewasa ini, banyak pemilik perusahaan yang semakin terbuka dan memberikan fasilitas kesehatan mental untuk karyawannya. Mereka tidak hanya memforsir karyawan untuk bekerja saja, namun juga memberikan waktu bagi karyawan untuk bersantai.

Umumnya, manajemen akan membuatkan sebuah acara gathering atau outbound bersama. Menikmati aktivitas dan bermain-main bersama-sama di alam lepas. Acara-acara relaksasi seperti ini terbukti mampu meningkatkan kondisi mental karyawan untuk produktivitas tim.

Bagi Anda yang saat ini sedang merencanakan acara untuk outbound tempat kerja, salah satu tempat terbaik yang bisa dipilih adalah Kampoong Hening. Tempat ini sangat nyaman, bersih, alami dan jauh dari keramaian.

Dengan konsep villa atau cottage, Kampoong Hening menawarkan berbagai macam pelatihan untuk meningkatkan kesehatan mental karyawan. Di sini juga disediakan terapis dan konselor yang akan memandu mereka dengan metode ecohealing yaitu metode terapi untuk menyembuhkan diri sendiri.

Outbound atau aktivitas di luar kantor adalah acara yang banyak ditunggu oleh karyawan. Selain untuk bersenang-senang, acara ini pastinya akan meningkatkan kondisi mental karyawan untuk produktivitas tim. Pastikan Anda memilih Kampoong Hening untuk acara tempat kerja Anda.

Scroll to Top